Responsive Banner

Peningkatan hasil belajar melalui metode pemberian tugas (Resitasi) pada mata pelajaran iPS terpadu kelas VII-C semester ganjil di MTS Nurul Huda Paowan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013

Fasha, Farida (2013) Peningkatan hasil belajar melalui metode pemberian tugas (Resitasi) pada mata pelajaran iPS terpadu kelas VII-C semester ganjil di MTS Nurul Huda Paowan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08130077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (743kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan metode ceramah masih mendominasi cara penyampaian materi oleh guru di sekolah. Metode ceramah memang sangat mudah untuk dilakukan namun tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Metode penugasan adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan cara guru memberikan tugas tertentu kepada siswa dalam waktu yang telah di tentukan dan siswa mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya.Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana metode pemberian tugas (Resitasi) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII-C semester Ganjil di MTs Nurul Huda Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013?.Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas lokasi penelitian yaitu MTs Nurul Huda Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Penelitian tindakan kelas ini adalah kelas VII-C yang berjumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus tiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil belajar pada prasiklus mencapai ketuntasan 38% atau 15 siswa dan 62% atau 25 siswa yang belum tuntas. Pada siklus 1 ada peningkatan 24% sehingga mencapai ketuntasan 62% atau 25 siswa dan 15 siswa atau 38% belum tuntas. Ketuntasan pada siklus 2 mencapai persentase sebesar 95% atau 38 siswa dan 2 siswa atau 5% yang belum tuntas. Peningkatan disebabkan oleh siswa sudah mampu beradaptasi dengan guru bahkan guru memberikan tugas dengan membimbing siswa agar mampu mengerjakan soal dengan benar.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas mampu meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-C Semester Ganjil di MTs Nurul Huda Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode pemberian tugas yang guru terapkan didalam kelas menunjukkan peningkatan tiap siklusnya disebabkan guru memberikan soal yang mampu menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk mengerjakan soal dengan benar. Disarankan pada guru kelas tahun pelajaran 2012/2013, hendaknya menerapkan metode/strategi pembelajaran yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abubakar, Istianah
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBakar, Istianah AbuUNSPECIFIED
Keywords: Hasil Belajar; Metode Pemberian Tugas (Resitasi)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 22 Feb 2023 14:13
Last Modified: 20 Jul 2023 11:48
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47201

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item