Rohmatin, Indah (2014) Penerapan metode pembelajaran Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII H MTSN Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia baik yang masih lampau, masa sekarang maupun masa yang akan datang. Integrasi mata pelajaran IPS sangatlah kompleks antara lain mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi. Di MTsN Lawang pembelajaran IPS masih mengggunakan metode variasi antara ceramah dan diskusi. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkanmetode PQ4R. Model tersebut melibatkan siswa aktif dalam membaca, mencari pokok pikiran, membuat rangkuman atas apa yang dibacanya dan membuat pertanyaan pada kartu pertanyaan.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan perencanaan metode PQ4R untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII H MTsN Lawang, 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode PQ4R untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII H MTsN Lawang, 3) untuk mendeskripsikan hasil atau penilaian metode PQ4R untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII H MTsN Lawang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu 4 kali pertemuan. Sebagai subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII H MTsN Lawang, berjumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes aspek kognitif IPS berupa ulangan harian pada akhir setiap siklus, dan lembar observasi aspek motivasi pada saat proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PQ4R dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Ini terbukti bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 65,44 % dan meningkat pada siklus II menjadi 80,54%.
ABSTRACT
IPS is a subject that is very important because it relates to everyday human life is still good past, the present and the future. Integration of social studies is very complex subjects include Economics, Geography, History, and Sociology. In MTsN Lawang still use traditional methods of teaching social studies variation between lectures and discussions. Based on these problems, researchers to make improvements and implementation methods PQ4R. The model actively engages students in reading, finding main ideas, make a summary of what they read and make inquiries on the question card.
The purpose of this study were 1 ) to describe the planning PQ4R methods to increase student motivation in social studies class VII Integrated H MTsN Lawang, 2 ) to describe the implementation PQ4R methods to increase student motivation in social studies class VII Integrated H MTsN Lawang, 3 ) to describe outcomes or assessment methods PQ4R to increase students' motivation in social studies class VII Integrated H MTsN Lawang.
The approach used in this study is a qualitative approach to classroom action research that consists of 2 cycles 4 meetings. As the research subjects were students of class VII H MTsN Lawang, totaling 36 students. Data collection tool used in this research is a test of the cognitive aspects of the IPS in the form of daily tests at the end of each cycle, and motivational aspects of the observation sheets during the learning process.
The results showed that the method can enhance learning student motivation PQ4R, particularly in Integrated Social Science subjects. It is evident that students' motivation has increased from the first cycle is 65.44 % and increased in the second cycle becomes 80.54 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode PQ4R; Motivasi belajar; PQ4R Method; motivation to learn | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 14:08 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47183 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |