Faidah, Nur (2013) Strategi pengelolaan Koperasi Sekolah dalam menumbuhkan minat berwirausaha anggota Koperasi di MAN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130092_fulltext.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi sekolah merupakan salah satu wadah bagi para siswa untuk menumbuh kembangkan bakat dan minat berwirausaha. Salah satu usaha koperasi adalah diarahkan pada kepentingan dan kesejahteraan para anggotanya, oleh karena itu dalam pengelolaan usaha koperasi harus dilaksanakan secara efektif dan efisien. Sejalan dengan perkembangannya, koperasi siswa di MAN Malang I merupakan koperasi serba usaha yang mampu memberikan kontribusi yang positif bagi para siswa dalam mengasah kemampuan berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tentang strategi yang digunakan dalam pengelolaan koperasi sekolah untuk menarik menumbuhkan minat berwirausaha pada anggotanya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pengelolaan koperasi sekolah di MAN Malang 1, (2) Bagaimanakah upaya pengurus koperasi sekolah dalam menumbuhkan minat berwirausaha anggota koperasi di MAN Malang 1, (3) Bagaimanakah bentuk dari minat berwirausaha anggota koperasi di MAN Malang 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, fokus penelitiannya adalah strategi pengelolaan koperasi sekolah dan minat berwirausaha pada anggota koperasi. Sumber datanya adalah para pengelola dan juga para anggota koperasi sekolah MAN Malang I. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman (mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan), sedangkan teknik pengujian keabsahan data yaitu dengan perpanjangan
pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya strategi yang digunakan dalam pengelolaan koperasi sekolah adalah dengan menerapkan fungsi manajemen dalam menjalankan kegiatan usaha koperasi, mengadakan diklat, mengadakan piket harian, dan merekrut pegawai selain dari anggota koperasi. sedangkan upaya yang dilakukan pengurus dalam menumbuhkan minat berwirausaha pada para anggota adalah melalui pendekatan personal, pemberian arahan, mengikuti diklat, memberikan pelayanan yang ramah, dan menerapkan 5 K. Bentuk minat berwirausaha para anggota koperasi adalah menitipkan barang dagangannya kepada koperasi, sukarelawan untuk menjaga koperasi, dan partisipasi aktif dalam kegiatan koperasi.
ABSTRACT
School cooperative is one organization where students can develop their talent and interest of entrepreneurship. The business of cooperative is concerned toward the interest and welfare of the members. Therefore, the management of cooperative must be effective and efficient. In line with the development of cooperative, student cooperative at MAN Malang 1 is a versatile cooperative that has given positive contribution to students, especially whom attempt to increase their entrepreneurship capability.
The objective of research is to understand the general description of the strategy used in the management of school cooperative to improve the entrepreneurship interest of the members. Problems determined in this research area (1) How is school cooperative management strategy at MAN Malang 1 ?, (2) How is the action of the management of school cooperative to increase entrepreneurship interest of cooperative members at MAN Malang 1?, and (3) How is the form of entrepreneurship interest of cooperative members at MAN Malang 1?
Research uses qualitative descriptive approach. The focuses of research are on school cooperative management strategy and entrepreneurship interest of cooperative members. Data sources are from the management and also from the members of school cooperative at MAN Malang 1. Data collection method involves interview, observation and documentation. Data analysis technique includes Miles and Huberman (data reduction, data presentation, and conclusion), while data validation test involves the extension of observation, the increase of diligence, and the triangulation.
Result of research shows that the strategy used in the management of school cooperative is by applying the management function in implementing cooperative work, organizing training and education, regulating daily picket, and recruiting employee out of cooperative members. The actions taken by the management to increase entrepreneurship interest of members are personal approach, giving a direction, participating into training and education, providing friendly service, and implementing 5K. The form of entrepreneurship interest of cooperative members involves entrusting their products to be sold in the cooperative, being the volunteer for the cooperative, and being the active participant in the cooperative activity
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pengelolaan Koperasi Sekolah; Minat Berwirausaha; School Cooperative Management Strategy; Entrepreneurship Interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:53 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 15:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47162 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |