Zahro, Lina Fatimatuz (2013) Penerapan teknik pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kegiatan perekonomian Indonesia Kelas VIII A di SMPN 1 Wongsorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08130071.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini proses pembelajaran kita lihat masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajar tidak akan tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru adalah satu-satunya sumber belajar yang dianggap serba tahu. Hal ini di perkuat oleh hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian., dan terbukti saat pelajaran dimulai banyak siswa yang ngobrol sendiri dan kelihatan sekali mereka merasa bosan dengan metode yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS. Hal ini diduga akan mempengaruhi prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS.
Berdasarkan dari permasalahan di atas maka secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan :1) Perencanaan teknik pembelajaran talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kegiatan perekonomian indonesia kelas VIII A SMPN 1 Wongsorejo Banyuwangi, 2) Pelaksanaan teknik pembelajaran talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata materi kegiatan perekonomian Indonesia kelas VIII A SMPN 1 Wongsorejo Banyuwangi, 3) Penilaian teknik pembelajaran talking stick untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kegiatan perekonomian Indonesia kelas VIII A SMPN 1 Wongsorejo Banyuwangi.
Penelitian ini dilaksanakan di kota Banyuwangi, tepatnya di SMPN 1
Wongsorejo Banyuwangi. Penelitian ini merupakan PTK. Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik- teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi; pengukuran tes hasil belajar; dan dokumentasi.
Pada tahap perencanaan teknik talking stick peneliti membuat RPP, pada tahap pelaksanaan terlihat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar, Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi kegiatan perekonomian indonesia ini terbukti Pada siklus I prestasi belajar siswa dengan dengan perolehan prosentase 4.17%, Sedangkan pada siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan prosentase yakni dari 4.17% meningkat menjadi 9.4% dan sedangkan pada siklus III prestasi belajar siswa mangalami peningkatan dari 9.4% meningkat menjadi 9.87%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan Teknik Pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
All this time, the instruction process, we saw that it still adhere theconventional instruction model, namely the instruction process concentrated onthe teacher and during the time also the students abilities to be active in the instruction process and the independence in learning would not visible. The conventional instruction assumed that teacher is the only learning source regardedas knowledgeable. This case confirmed by the result of observation has been conducted by the researcher before made the research, and it was proven that when the lesson started many students chatted each other and it so looked that they felt bore with the method was performed by the Social Studies subject matter teacher. This case was presumed would influence the students learning achievement in the classroom.
based on the problem above, in general it is formulated in the research:1) the planning talking stick learning techniques to improve the student learning achievement on the indonesia n economic activity subject of 8th class in smpn 1 wongsorejo banyuwangi.2) The implementation of talking stick learning techniques to improve the student learning achievement on the indonesian economic activity subject of 8 th class in smpn 1 wongsorejo banyuwangi .3) The valuation of talking stick Learning Techniques To Improve The Student Learning Achievement on The Indonesian Economic Activity Subject of 8 th Class in SMPN 1 Wongsorejo Banyuwangi.
The research was done in Banyuwangi, exactly at the SMPN 1
Wongsorejo. The research was PTK. The research stages, in the form of cycles: planning, implementation, observation, and reflection. The data collection technique : observation, learning results test measurement, and documentation.
In the planning Talking Stick Learning Techniques make learning implementation schedule. In the implementation stage seen that the student are more active and enthusiastic in study. The results showed that the talking stick learning techniques to improve the student l earning achievement especially the indonesian economic activity, it was proven at the cycle I, the achievement of the average grade posttest increased become 4.17%. While at the cycle II, the achievement increase, the class average post test grade of 4.17 % increased become 9.4% and while at the cycle III the achievement increase from the class average from post test of 9.87%. Based on the results, it is concluded that the talking stick techniques implementation able to improve the student achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Teknik Pembelajaran Talking Stick; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47153 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |