Bahrudin, Babul (2013) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130091.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/intrukstor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dengan bahan ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau kompetensi dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu. Salah satu bahan ajar atau media yang sudah dikenal adalah LKS, yang berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran, dengan menggunakan LKS seorang guru dapat terbantu tugasnya dan kinerja seorang guru akan meningkat, dan pembelajaran akan efektif dengan adanya bahan ajar tersebut. Berangkat dari latar belakang inilah kemudian penulis ingin membahasnya dan mengambil judul Efektivitas Penggunaan Lembar kerja Siswa (LKS) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 1 Kota Probolinggo.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengggunaan LKS dalam proses belajar mengajar di MAN 1 Kota Probolinggo ; (2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan LKS di MAN 1 Kota Probolinggo; dan (3) Untuk mengetahui apakah LKS dapat meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Kota Probolinggo.
Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan
dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Adapaun hasil penelitian ini adalah: Pertama; Penggunaan LKS dalam proses belajar mengajar di MAN adalah digunakan untuk pemberian tugas dan pemberian materi karena di LKS materinya sederhana dan materi yang ada di LKS memudahkan siswa untuk memahami materi, dan di MAN 1 Kota Probolinggo, LKS harus di tambah dengan refrensi yang lain. Kedua; Efektivitas pembelajaran menggunakan LKS di MAN 1 Kota Probolinggo, sudah terbilang efektif karena sudah memenuhi beberapa indikator atau ciri-ciri pembelajaran yang efektif yaitu: Penguasaan siswa terhadap bahan-bahan ajar yang mereka pelajari,siswa merasa senang dalam proses mereka belajar, siswa menjadi senang terhadap sekolah, dan mengajar itu menghasilkan semua yang diinginkan untuk tercapai. Ketiga; LKS dapat meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Kota Probolinggo, kualitas kinerja dapat ditinjau dari beberapa indikator yang meliputi: Unjuk kerja, penguasaan materi, penguasaan profesional keguruan dan pendidikan, penguasaan cara-cara penyesuaian, kepribadian untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan kinerja guru, karena sudah memenuhi beberapa indikator yaitu unjuk kerja, penguasaan materi dan keprofesionalan. Dengan menggunakan LKS guru sangatlah terbantu dalam melaksanakan tugasnya, misalnya dalam pemberian tugas dan memberikan pemahaman dalam pelajaran.
ABSTRACT
Teaching materials are all forms of materials that are used to help the teacher/instructor in implementing learning activities, with teaching materials enables students to learn the basic competencies or competency in a coherent and systematic so that cumulatively able to fully master all competencies in a whole and cohesive. One of materials or media that is already known is LKS, which serves to help students and teachers in implementing the learning, by using LKS the teachers are helped in their duties and teachers’ performance will increase, and learning to be effective in the presence of such materials. From this background, the author wanted to discuss it and then took the title The Effectiveness in Using Worksheets (LKS) in Increasing Teachers’ Performance in MAN 1 Kota Probolinggo.
The purposes of this study are: (1) to know how is the use of LKS in teaching learning process in MAN 1 Kota Probolinggo ; (2) to know the learning effectiveness by using LKS in MAN 1 Kota Probolinggo; and (3) to know whether LKS can increase the teachers’ performance in MAN 1 Kota Probolinggo.
The author uses descriptive qualitative research. Techniques of data collection conducted by the researchers are by means of observation, interviews and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative analysis techniques, the data in the form of written or verbal person, and observations directly to the site, so in this case the author seeks to undertake research which describes the overall nature of the real situation. In addition, to support the description of the actual situation on the ground, here the authors include documentation as complementary and reinforcing research data.
The results of this study are: First: The use of worksheets in the teaching and learning process in the MAN is used for administration tasks and provision of material for the material in simple worksheets and materials on LKS easier for students to understand the material, and in MAN 1 Kota Probolinggo, LKS should plus the other references. Second, the learning effectiveness of using worksheets in MAN 1 Kota Probolinggo, is fairly effective because it meets several indicators or characteristics of effective learning are: Mastery of students to teaching materials that they are studying, students feel happy in their learning process, students become pleased to school, and teach it to produce all desired is achieved. Third, LKS can improve the performance of teachers in MAN 1 Kota Probolinggo, the quality of the performance can be viewed from several indicators which include: The performance, mastery, mastery of professional teacher training
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektivitas; Lembar Kerja Siswa (LKS); Kinerja Guru effectiveness; students’ worksheets (LKS); teachers’ performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:52 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47141 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |