Saadah, Shofi Nur (2014) Implementasi pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran IPS di MTsN Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130006.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam membentuk warga negara yang baik. Isi materi IPS merupakan cabang-cabang ilmu sosial: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi.Oleh karena itu materi IPS sangat banyak dan luas, maka diperlukan model pembelajaran yang lebih baik dalam menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut.
Tujuan penelitian PAKEM ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi PAKEM pada mata pelajaran IPS di MTsN Batu. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran IPS di MTsN Batu.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1) implementasi PAKEM dilakukan dengan perencanaan program terstruktur dalam bentuk perangkat pembelajaran dan mengorganisasikan materi pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PAKEM dimana guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi antara lain: CTL dengan menggunakan audio visual, inquiry, simulasi, sosiodrama, membuat teka-teki, membuat kata sembunyi, acak kata. Sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mampu menumbukan kreatifitas siswa serta tercapai tujuan pembelajaran. Proses penilaian PAKEM dilihat dari hasil belajar dan juga dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian dilakukan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Teknik penilaian yang digunakan adalah penilaian dilakukan dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, serta tugas individu maupun tugas kelompok. (2) Dengan adanya PAKEM siswa merespon dengan baik karena materi dapat lebih mudah untuk dipahami dan adanya metode yang bervariasi pembelajaran menjadi tidak membosankan.
ABSTRACT
Social science is a subject that has an important role in shaping good citizens. Fill material IPS (science) are branches of social sciences: sociology, history, geography, economics. Therefore IPS material so wide, it is necessary to better learning model in implementing the strategy, methods, and instructional media in accordance with the material.
The purpose of PAKEM research are: (1) to describe the implementation of PAKEM in IPS (science) studies at MTsN Batu. (2) Describe the students' response to the implementation of PAKEM in IPS (science) studies at MTsN Batu.
To achieve the objectives above, it used a qualitative approach for the case study research. The instrument of this research is the researcher itself, and for the collection the data used interviews, observation, and documentation. For analyzed the data used reducing irrelevant data, presented data and make the conclusion.
The results of the research showed that, (1) implementation of PAKEM performed with the device in the form of a structured program of learning and organizing learning materials. Implementation process of learning by using the model PAKEM where the teachers use a variety of learning methods, among: CTL by using audio-visual, inquiry, simulation, sociodrama, making puzzles, random words. So the learning process will be fun, students are actively involved in the learning process, as well as able-developed creativity of students achieved the learning objectives. Assessment process of PAKEM can see from the learning process that has been done. The assessment was conducted on the cognitive, affective, and psychomotor. Valuation technique used is the assessment carried out in the form of daily tests, middle test, semester test, individual tasks or groups of tasks. (2) Using PAKEM the students can good respond because the material can be easy to understand and varying the method of learning process not make boring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | PAKEM; IPS; PAKEM; Science (IPS) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:52 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 15:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47135 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |