Prasetyo, Muhammad Nur Fatikhin (2014) Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi pada materi nilai terhadap perilaku siswa kelas X di MA Islamiyah Attanwir Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130004.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di era globalisasi ini banyak hal yang di anggap rancu dalam menjalani kehidupan yang mana tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keagamaan. sekarang ini banyaknya kasus yang mencoreng kegiatan belajar yang semestinya adalah kegiatan yang di lakukan oleh seseorang agar memiliki kompetensi berupa keterampilan dan pengetahuan yang di perlukan berubah menjadi tindakan anarkis yang menjurus kepada hukum, banyaknya siswa yang merokok, banyaknya siswa yang berpacaran, banyaknya kasus pencabulan, banyaknya tawuran antar pelajar yang terjadi di mana-mana, bahkan sampai berjatuhan korban jiwa hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh prestasi belajar terhadap perilaku siswa di MA Islamiyah attanwir.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada materi nilai terhadap perilaku siswa di sekolah.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X MA Islamiyah Attanwir Bojonegoro. Dengan menggunakan teknik proportional random sampling maka didapat sampel berjumlah 78 siswa.
Hasil penelitian menunjukan Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwasanya untuk variabel prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada materi nilai (x) terhadap perilaku siswa (y) Berdasarkan perhitungan analisis regresi didapat nilai a (constant) sebesar 51,295 sedangkan B (koefesian regresi) sebesar 0.056. Dengan demikian diperoleh persamaan regresi Y= 51,295 - 0.056X, dimana Y adalah nilai prestasi belajar. Persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa jika skor prestasi belajar nol, maka skor perilaku siswa sebesar 51,295. Selain itu, dapat diprediksi bahwa jika terdapat perubahan pada prestasi belajar sebesar satu maka dapat mempengaruhi perubahan perilaku rata-rata 0.056. karena koefisien regresi (B) diperoleh plus (+), maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif signifikan antara prestasi belajar terhadap perilaku. Artinya, jika siswa yang memiliki prestasi tinggi tentu memiliki perilaku yang baik, begitu juga sebaliknya
ABSTRACT
In the globalization era, many things are considered ambiguous in life which is not in accordance with humanitarian and religious . Many cases that tarnished the many learning activities are activities that should be undertaken by a competent person so that the skills and knowledge that need turns into anarchy that led to the law, the number of students who smoke, the number of students who are dating, the number of abuse cases, many student engange in fighting, even up to this fall fatalities that makes researchers interested in studying about the effect learning achievement on the students behavior in MA Islamiyah Attanwir .
The purpose of this study was to examine the effect of learning achievement for the sociology subjects at the value matter of the student 's behavior in school .
To achieve the objective , quantitative research approach was conducted. The population in this study were students of class X MA Islamiyah Attanwir Bojonegoro. By using proportional random sampling technique the obtained sample was 78 students .
The results Based on the analysis of data showed that for a variable learning achievement in the sociology subject material value (x) on student behavior (y). Based on the regression analysis obtained a value (constant ) of 51.295 while B (koefesian regression) of 0056. Thus the regression equation was Y = 51.295-0056 X , where Y is the value of learning achievement . The regression equation suggested that if learning achievement score of zero , then the behavior score of 51.295 students. Furthermore, it can be predicted that if there is a change in the learning achievement of one can affect the behavior of the average change in 0056. As the regression coefficient (B) obtained a plus (+) , it can be concluded that learning achievement had a significant positive effect on behavior between. It mean, if students have high achievement certainly have good behavior
, and vice versa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | prestasi belajar; sosiologi pada materi nilai; perilaku siswa; Learning Achievement; Sociology on Value Matter; Student's Behavior | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:52 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47127 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |