Junaidah, Ilmi (2014) Upaya pengembangan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan perpustakaan sangat penting karena perpustakaan merupakan “jantung dari pendidikan” yang menghidupkan sekolah dimana pendidikan itu dilangsungkan, keberadaan perpustakaan di lingkungan sekolah merupakan keharusan demi terciptanya proses pembelajaran yang baik. Dalam praktiknya belum semua sekolah dapat menyelenggarakan perpustakaan sekolah dengan baik, masih banyak kendala yang dihadapi oleh sekolah. Oleh karenanya pengembangan perpustakaan penting untuk terus dilakukan demi terciptanya perpustakaan yang lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan perpustakaan di MAN Malang 1, untuk menjelaskan motivasi belajar siswa di MAN Malang 1 dan untuk menjelaskan upaya pengembangan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Malang 1.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan MAN Malang 1 sudah menerapkan teknologi informasi yaitu menggunakan sistem otomasi perpustakaan. Perpustakaan MAN Malang 1 mempunyai peran penting dalam ketercapaiannya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Motivasi belajar siswa di MAN Malang 1, dengan adanya perpustakaan membuat siswa termotivasi untuk lebih giat belajar, terbukti dari indikator keberhasilan motivasi belajar yaitu siswa sering menggunakan waktunya untuk belajar diperpustakaan, siswa menunjukkan sikap senang ketika belajar di perpustakaan, frekuensi belajar siswa yang lumayan tinggi yakni sekitar kuranglebih 50 siswa yang belajar diperpustakaan setiap harinya, siswa menunjukkan bahwa dia mempunyai target atau visi dalam belajar yang efektif. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk pengembangan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara melakukan peningkatan dari segi sumber daya, yaitu dengan memberikan pembinaan kepada pegawai perpustakaan serta guru. Selanjutnya dengan peningkatan dari segi pelayanan, perpustakaan MAN Malang 1 menggunakan sistem terbuka dan tertutup. Kemudian peningkatan dari segi pengelolaan perpustakaan, hal ini dilakukan dengan memberikan promosi kepada seluruh warga sekolah serta melakukan pengembangan koleksi, dimana dilakukan dengan menambah jumlah buku serta menyediakan koleksi perpustakaan yang mutakhir.
ABSTRACT
The existence of the library was very important because the library was "the heart of education" which turned the schools where education was carried out, the existence of the library in the school environment was a necessity for the creation of a good learning process. In practice, not all can organize the school library well, there were still many obstacles faced by the school. Therefore it was important to develop the development of the library in order to create a better library.
The purpose of this study was to describe the library in MAN Malang 1, to explain the students learning motivation in MAN Malang 1, to explain the efforts of development of libraries in increasing students learning motivation in MAN 1
Malang.
The Methods of this study uses descriptive qualitative research. Data collection was through observation, interviews, and documentation. The data analysis, the writer used descriptive qualitative analysis techniques, which described the data with describing the reality in accordance with the real phenomena.
The results showed that the library of MAN 1 Malang used information technology that uses the library automation system. Library of MAN Malang 1 has important role in the effective and efficient learning process. Students learning motivation of MAN Malang 1, with the library, it can make the students motivated to study harder, evidenced by the success indicators of motivation learning that students often used the time to study in the library, students demonstrated an happy attitude when studying in the library, the frequency of student learning was fairly high, namely less than 50 students who were studying in the library each day, the students showed that they had a target or vision in effective learning. The efforts had been made to the development of libraries in improving student learning motivation by improving ways of the resources, namely by providing the guidance to employees of the library as well as teachers. Furthermore, with an increasing of services, the libraries of MAN 1 Malang used open and closed systems. Then the increasing of library management, this was done by giving promotion to all citizens of the school and to do the collection development, which was done by adding the number of books as well as providing the perfect library collections.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Perpustakaan; Motivasi Belajar Siswa; Library Development; Student Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:50 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47122 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |