Setyawan, Andika Septa (2013) Implementasi Manajemen Kurikulum dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Druju Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Era globalisasi dewasa ini, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia bergantung pada kualitas pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan suatu bangsa. Kemajuan Bangsa Indonesia hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat menaikan harkat dan martabat manusia Indonesia.
Penelitian ini ingin mengungkap beberapa masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Druju Malang? (2) Apa hambatan-hambatan yang dihadapi Madrasah Ibtdaiyah Islamiyah Negeri Druju Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan? (3) Upaya menanggulangi hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN Druju Malang?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Druju Malang dan untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi Madrasah Ibtdaiyah Negeri Druju Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan sebagai berikut: Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Druju Malang. yang penulis teliti dalam pembahasan skripsi ini bahwa Implementasi yang diajarkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Druju Malang kepada para siswa sangat beragam, tidak hanya melalui pelajaran formal didalam kelas akan tetapi pembinaan yang bersifat non formal.
ABSTRACT
The era of globalization, the progress of a nation is determined by the quality of human resources. The quality of human resources depends on the quality of education. The role of education is very important to create a community of intelligent, peaceful, open, and democratic. Therefore, the reform of education must always be done to improve the quality of education of a nation. Progress Indonesian nation can only be achieved through compliance with good education. Efforts to improve the quality of education is expected to increase human dignity Indonesia.
This research reveals some of the problems as follows: (1) How to
curriculum management implementation in the State Druju Malang Islamic elementary schools? (2) What are the constraints faced by the State Madrasah Islamiyah Ibtdaiyah Druju Malang in improving the quality of education? (3) Efforts to overcome obstacles in improving the quality of education in Druju MIN Malang?
The purpose of this study was to describe the implementation of
curriculum management at the State Islamic Elementary School Druju Malang and to describe the obstacles facing the State Madrasa Ibtdaiyah Druju Malang in improving the quality of education.
Research by the author is included in the descriptive qualitative research. In the course of data collection, the author uses the method of observation, interview and documentation. As for the analysis, the writer uses descriptive qualitative data in the form of a written or oral, and behaviors of people observed that in this case the authors attempt to conduct research that is thoroughly describe the actual state of affairs..
And the results of a study conducted by researchers can be delivered as follows: Implementation of Curriculum Management in Improving the Quality of Education in Islamic Elementary School District Druju Malang. which I researched in this paper that the implementation discussion taught Druju Malang Islamic Elementary School District students are very diverse, not only through formal lessons in the classroom but the formation of a non formal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Manajemen; Kurikulum; Mutu Pendidikan Curriculum Management; Quality Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47098 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |