Asriah, Laili (2014) Penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII – B di SMPN 2 Nguling. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
09130083.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat, secara langsung maupun tidak langsung kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) akan berpengaruh pada dunia pendidikan.Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan sangat ditentukan oleh Guru. Oleh karena itu, Sebagai seorang pendidik guru harus berhati-hati memilih dan menggunakan metode yang tepat dan sesuai kebutuhan peserta didik agar peserta didik merasa senang dan termotivasi untuk selalu belajar. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep pembelajaran aktif yang diatawarkan. Salah satu alternatif yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode Index Card Match. Denganpenerapan metode Index Card Match ini siswa diajak untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena didalam metode ini terdapat metode dan teknik yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien, dan menyenangkan.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran menggunakan metode Index Card Match dalam meningkakanmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas VII SMPN 2 Nguling Pasuruan, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Index Card Match dalam meningkakanmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas VII SMPN 2 Nguling Pasuruan, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode pembelajaran Index Card Match dalam meningkakanmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas VII SMPN 2 Nguling Pasuruan.
Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun urutan kegiatan penelitian ini dengan menggunakan 2 siklus ini meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan pada motivasi belajar siswa mulai dari siklus I 59,7 % meningkat menjadi 82,18 % pada siklus II. Dari hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index CardMatch dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Ekonomi pada kelas VII B SMPN 2 Nguling Pasuruan.
ABSTRACT
The progress development of Science And Technology is growing rapidly, directly or indirectly, the advancement of Science And Technology will affect the world of education. Sucsess or failure id deermined by teacher school. Therefore, as a teacher must sellect educate carefully and use apropriate methods and according to the needs of learners so that learners fell happy and motivated to learn. Wich to cope with the consept of active learning has a lot to offer. One alternative is to apply used the Index Card Match method. Without the aplication of Index Card Match method student are encouraged to take an active role in implementing the learning, because in this method there are methods and techniques that can make learning to be effective, efficient, and fun.
The destination of this study is (1) To discribe the planning process of learning to use the Index Card Match method improved its students motivation in Economy Class VII B subject SMPN 2 Nguling Pasuruan, (2) To discribe the aplication of learning to use the Index Card Match method improved its students motivation on Economy Class VII B subject SMPN 2 Nguling Pasuruan, (3) To discribe the evaluations of learning to use the Index Card Match method improved its students motivation on Economy Class VII B subject SMPN 2 Nguling Pasuruan.
The Researcher was a qualitative descriptive study classroom action research (CAR). The sequence of this research avtivity by using 2 cycles include : (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. Data collection techniques using the observation method, interview, and documentation.
Based on the research that has been conducted by the researchers, it is known that the success rate of the class in the each cycle has increased the students motivation from the first cycle of 59,7 % increased to 82,18 % in the second cycle. From the results of the assessment can be concluded that the aplication of the Index Card Match can increase students motivation towards the subject Economics class VII B SMPn 2 Nguling Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Index Card Match; Motivasi Belajar; index card match method; motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:56 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47096 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |