Umam, A.Syafiul (2014) Penggunaan metode Poster Comment untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi dalam materi perilaku menyimpang kelas X di SMA NU 3 Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
09130058.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (977kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar pada setiap individu atau kelompok untuk merubah sikap dari tidak tahu menjadi tahu sepanjang hidupnya. Ada beberapa Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar, begitu juga dalam pembelajaran mata pelajaran sosiologi juga bisa menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan guru, Siswa dalam belajar. Media yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sosiologi antara lain: Poster , gambar, grafis (peta konsep) dan sebagainya. Media-media tersebut mempunyai karakteristik tersendiri, sehingga dapat memudahkan dalam mempelajari mata pelajaran sosiologi yang ada di sekolah-sekolah terutama di lembaga formal
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan, pelaksanaan, dan agar bisa menilai Penerapan Metode Poster Comment Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas x pada Mata pelajaran sosiologi di SMA NU 3 Gresik. Dalam penelitian ini peneliti memilih pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kegiatan pembelajaran dalam mengatasi kesulitan Siswa dalam pembelajaranm. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) NU 3 terletak di wilayah Gresik tepatnya di Dusun gempol, Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Data penelitian ini akan diambil dari seluruh siswa kelas X. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode yaitu: obsevasi, wawancara, tes, dokumentasi. Peneliti menggunakan tehnik reduksi data, paparan data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah siklus I yang menunjukkan bahwa siswa kurang mengerti dan metode poster comment kurang berjalan dengan baik, siklus II menunjukkan bahwa siswa lebih aktiv dan berminat, dan siklus III siswa sudah mampu melaksanakan metode tersebut dan kreativitas siswa dan minat siswa sangat terlihat.
ABSTRACT
Education plays an important role concerning the progress and future of the nation, a good education is impossible without a nation going forward. Learning is a conscious process on any individual or group to change the attitude of not knowing to knowing all his life. There are several learning media that can be used in the learning process, as well as in studying the subject of sociology can also use media to facilitate teacher learning, student learning. The media are used in learning sociology among others: Posters, drawings, graphic (concept maps), and so on. The media has its own characteristics, so as to facilitate the study of existing sociological subjects in schools, especially in formal institutions
This study aimed to describe the use, implementation, and application of methods in order to assess Poster Comment To Improve Student Interest in Class X in subjects at high school sociology NU 3 Gresik.
In this study, researchers chose a qualitative approach, while the type of research is action research that aims to correct or improve the learning activities students overcome difficulties in pembelajaranm. This research was conducted at the High School (SMA) 3 NU is located in Gresik precisely in Hamlet gempol, District Balong roast, Gresik regency. The data of this study will be drawn from all students in grade X. The data collection in this study was implemented using several methods: observation, interviews, tests, documentation. Researchers used data reduction techniques, exposure data, and conclusions.
The results of this study is the first cycle that indicates that students understand less and less comment posters method goes well, the second cycle shows that students are more active and interested, and third cycle students are able to carry out these methods and creativity of students and the interests of students are very visible.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Poster Comment Dan Minat Belajar; Method of Learning Poster Comment And Interests | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:55 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47092 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |