Aziz, Rifa Rahmat (2013) Implementasi pendidikan karakter dalam peningkatan kedisiplinan siswa di MTSN Bangsal Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08130054.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Masalah pendidikan adalah merupakan masalah yang berhubungan langsung dengan hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan adalah proses yang mana seseorang diajarkan bersikap setia dan taat dan juga pikirannya dibina dan dikembangkan. Pernyataan tersebut merupakan salah satu konsep pendidikan yang menekankan betapa penting dan kuatnya peranan pendidikan dalam pembinaan manusia. Artinya pendidikan sebagai suatu kegiatan pembinaan sikap dan mental yang akan menentukan tingkah laku seseorang.
Focus penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pendidikan Karakter dalam Peningkatan Kedisiplinan siswa di MTsN Bangsal Mojokerto. Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Sedangkan kedisiplinan adalah pelatihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatannya selalu mentaati tata tertib / ketaatan pada aturan dan tata tertib.
Di dalam Penelitian ini digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dan secara holistik (utuh) dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.
Implementasi pendidikan karakter dalam peningkatan kedisiplinan siswa di MTsN Bangsal Mojokerto sudah sangat baik, menunjukan suatu progresif dalam kedisiplinan siswa. Dari hal materi dan pelaksanaan praktisnya dalam hal kedisiplinan siswa sudah mampu menerapkannya dalam kehidupan di sekolah, baik dalam hal waktu, interaksi sesama, mengerjakan tugas, ibadah, prestasi dan prilaku.
Dari penelitian ini di harapkan mampu berfungsi sebagai kontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui model pendidikan karakter serta mampu memberikan manfaat di bidang pendidikan agar lebih baik lagi dalam pembinaan karakter siswa terlebih dalam hal kedisiplinan.
ABTRACT
The problem is a problem of education is directly related to life and human life. Education is the process by which one is taught to be loyal and faithful and also built and developed mind. The statement is one concept that emphasizes the importance of education and the strong role of education in human development. Education as a means of construction activity and mental attitude that will determine a person's behavior.
Focus of this study is how the implementation of Character Education in the increase in student discipline Shed MTsN Bangsal Mojokerto.
Character education is education plus character, that it involves knowledge (cognitive), feeling (feeling), and action (action). While discipline is training with the purpose of spiritual and character to everything he does always obey the order / obedience to rules and order.
In this study used descriptive qualitative research approach. Qualitative research is descriptive research intends to understand the phenomenon of what is experienced by the subject of scrutiny and a holistic (whole) and a description of the way in the form of words and language in a specific context and to take advantage of the natural scientific method.
Implementation of character education in the improvement of student discipline in Mojokerto Bangsal MTsN already very good, showing a progressive discipline students. From the case material and practical implementation in the case of students are able to apply discipline in the life of the school, both in terms of time, interactions, his work, worship, performance and the behavior.
From this study, it is hoped can function as a contribution in improving student discipline through character education model and is able to provide benefits in the areas of education so much better in character building first in the case of student discipline.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kedisiplinan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:55 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47078 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |