Chasanah, Jumrotul (2013) Penerapan pengajaran remedial dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
081300051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti, bahwa proses belajar mengajar di SMAN 1 Singosari berjalan relatif baik meskipun ada hambatan dalam pelaksanaannya. Adanya perbedaan kecerdasan, daya tangkap, minat serta pengetahuan dari masing-masing siswa mengakibatkan hasil belajar yang tidak sama dari tiap siswa.
Remedial merupakan suatu bentuk pengajaran yang bersifat penyembuhan atau perbaikan. Perbaikan diarahkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing melalui keseluruhan proses belajar mengajar dan keseluruhan kepribadian siswa. Berdasarkan hal tersebut aspek kognitif siswa perlu ditingkatkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pengajaran remedial dan perubahan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pengajaran remedial dalam mata pelajaran ekonomi kelas di SMAN 1 Singosari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan pengajaran remedial di SMAN 1 Singosari dengan cara memberikan ulangan harian terlebih dahulu kepada semua siswa. Setelah hasil ulangan harian didapat siswa yang nilainya kurang dari SKM diberikan remidi. Metode remidi yang sering digunakan adalah tanya jawab dengan cara tes lisan. Dengan diterapkannya pengajaran remedial ini hasil belajar siswa bisa meningkat dan dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa yang meningkat mulai dari ulangan harian sampai tahap evaluasi, nilai rata-rata siswa saat ulangan harian antara 65-70, setelah diadakan remidi nilai rata-rata antara 75-80 dan pada tahap evaluasi menjadi 85-90. peningkatan itu juga terlihat dari pengetahuan dan pemahman siswa terhadap materi pelajaran.
Dengan diterapkannya pembelajaran remedial bisa mengatasi kesulitan atau hambatan belajar yang dialami oleh siswa, sehingga siswa bisa mendapatkan hasil akhir yang optimal sesuai dengan kemampuan siswa serta bisa mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing siswa.
ABSTRACT
Based on the result of interview, the author finds that the learning-teaching process at SMAN 1 Singosari is relatively worked well despite few barriers against the process. However, the difference of intelligence, aptitude, interest and knowledge of each student has produced different learning result.
Remedial represents a teaching form with orientation toward recovery or improvement. The improvement is important to produce optimum learning result based on the ability of students during whole learning-teaching process and also based on their personality. Therefore, cognitive aspect of students must be improved to achieve optimum learning result.
The objective of research is to describe the application of remedial teaching and the change or the improvement of students’ learning result after remedial teaching in economic lesson for Grade X at SMA Negeri 1 Singosari. Research type is qualitative with descriptive-qualitative approach.
Result of research indicates that remedial teaching at SMA Negeri 1 Singosari is applied by giving daily test to all students. Students with the score less than SKM will be given remedy. The remedy method is oral test with questions. Through the application of remedial teaching, students’ learning result may increase. It is proved by the increase of students’ average score from daily test until evaluation stage. The average score of students during daily test is between 65 and 70. After remedy, the average score is between 75 and 80, but in the evaluation stage, the score is between 85 and 90. The increase is also apparent in students’ knowledge and understanding of lesson material.
Remedial learning can solve the difficulty or barrier of learning faced by students. Indeed, students may get optimum final result based on their ability and therefore, it can facilitate them to develop their potentials.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Pengajaran Remedial; Peningkatan Hasil Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2023 10:55 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2023 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47073 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |