Responsive Banner

Efektivitas penggunaan keterampilan bertanya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI-IPA Madrasah Aliyah Negeri Keboan Jombang

Masruroh, Hannah (2008) Efektivitas penggunaan keterampilan bertanya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI-IPA Madrasah Aliyah Negeri Keboan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (676kB)

Abstract

Alasan mengapa keterampilan bertanya sangat perlu dimiliki oleh para guru dan calon guru. Pertama, telah berakarnya mengajar dengan menggunakan metode ceramah yang cenderung menempatkan guru sebagai sumber informasi sedangkan siswa hanya sebagai penerima informasi yang pasif. Kedua, latar belakang kehidupan siswa yang kurang bisa mengajukan pertanyaan dan menyatakan pendapat. Ketiga, penggalakan penerapan gagasan Cara Belajar Siswa Aktif saat ini yang menuntut para siswa lebih banyak terlibat secara mental dalam proses belajar mengajar, seperti bertanya dan berusaha menemukan jawaban-jawaban masalah yang dihadapinya. Keempat, pandangan yang salah mengenai tujuan pertanyaan yang mengatakan bahwa pertanyaan hanya dipergunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan keterampilan bertanya mata pelajaran Aqidah Akhlak, untuk mengetahui efektivitas penggunaan keterampilan bertanya, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan keterampilan bertanya mata pelajaran Aqidah Akhlak.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang terjadi pada 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, yaitu pre-test dan post-test. Adapun untuk menganalisis data menggunakan lembar observasi dan menggunakan rumus meanē Lembar observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan keterampilan bertanya yang dilakukan oleh peneliti, sedangkan rumus mean digunakan untuk menghitung nilai rata-rata kelas, sehingga peneliti mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar atau tidak.

Hasil penelitian dilakukan di MAN Keboan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan keterampilan bertanya oleh guru efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak karena semua indikator efektivitas tercapai, yaitu: semua hasil observasi penggunaan keterampilan bertanya oleh guru yang dilaksanakan oleh peneliti adalah baik serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari peningkatan nilai rata-rata kelas antara pre-test dan post-test pada pertemuan 1=19%, peningkatan nilai rata-rata kelas antara pre-test dan post-test pada pertemuan 2=16%, peningkatan nilai rata-rata kelas antara pre-test pada pertemuan 1 dan pre-test pada pertemuan 2=12%, dan peningkatan nilai rata-rata kelas antara post-test pada pertemuan 1 dan post-test pada pertemuan 2=9%. Sehingga pada penelitian ini, penggunaan keterampilan bertanya efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMuhammad, Suaib H.UNSPECIFIED
Keywords: Efektivitas; Keterampilan Bertanya; Hasil Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 31 Aug 2016 17:14
Last Modified: 31 Aug 2016 17:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4705

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item