Miftakhur, Rohmah (2013) Peranan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Semester Dua MAN Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130088_fulltext.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Ilmu Pengeahuan Sosial sangatlah penting untuk siswa, khususnya dalam mata pelajaran sosiologi. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat. Dengan ilmu sosiologi ini peserta didik akan belajar cara berinteraksi dengan masyarakat. Dalam masyarakat membutuhkan individu yang aktif dan kreatif. Individu yang aktif akan mudah berinteraksi dengan masyarakat. Sedangkan individu yang kreatif akan mudah menyelasaikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat selain itu juga dapat mengembangkan kompetensi- ompetensi yang ada dalam masyarakat atau lingkungan sekitarnya. MAN kota Blitar merupakan salah satu sekolah yang unggul di kota Blitar sehingga sekolah ini harus mempertahankan keunggulannya salah satunya yaitu dengan menghasilkan lulusan yang unggul, lulusan yang aktif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Lulusan yang unggul itu juga pengaruh dari guru dalam menyampaikan mata pelajaran yang ia ajarkan. Berangkat dari latar belakang itulah, peneliti mengambil judul skirpsi Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkakan Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Semester Dua Man Kota Blitar.
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan perencanaan model mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas X di MAN Kota Blitar, untuk mendiskripsikan pelaksanaan model mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas x di man kota blitar, dan untuk mendiskripsikan hasil penilaian pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas X di MAN Kota Blitar.
Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau PTK yang dilakukan oleh peneliti guna mengetahui ke efektifan metode mind mapping dalam meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa. Penelitian ini dilakukan secara mandiri oleh peneliti, sehingga peneliti berperan penuh terhadap perencanaan ataupun pelaksana penelitian ini. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Temuan penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X semester dua MAN kota Blitar. Hasil temuan pada penelitian ini ialah Proses perencanaan model Pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan Keaktifan dan Kreatifitas adalah diwujudkan dalam RPP dengan menjabarkan standar kompetensi yang ada pada silabus dan metode yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran sosiologi ini mengacu pada model Mind Mapping, Proses pelaksanaan model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreatifitas Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X di MAN kota Blitar berjalan lancar sesuai dengan prosedur metode Mind Mapping. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping ini dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa diantaranya adalah memberikan kemudahan pada siswa untuk belajar, dan juga dapat meningkatkan kreativitas siswa untuk menggambar atau mewarnai, dan proses penilaian model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreatifitas Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X di MAN kota Blitar menunjukkan hasil yang positif. Dari data-data hasil pengamatan peneliti mununjukkan bahwa Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa.
ABSTRACT
The learning of social science is very important for students, especially in the sociology lesson. Indeed, sociology is a science to learn problems in the community. Through sociology, the educated participants will learn how to interact with community. The community needs active and creative individuals. The active individuals will easily interact with community. The creative individuals will easily solve the problems of community, and also develop the existing competences within the community or around the environment. MAN of Blitar City is a leading school at Blitar City and therefore, this school feels necessary to maintain its leading position by producing the leading graduate who will be active and creative in solving the problem. This leading graduate may be still influenced by teachers during teaching- learning activity. Taking this into background, the author prepares the final paper entitled with The Role of Mind-Mapping Learning Model in Increasing The Activeness and Creativity of Students in Sociology Lesson of Grade X Second Semester of MAN of Blitar City.
The objectives of research are to describe the planning of mind mapping model to increase the activeness and creativity of students in the sociology learning of Grade X at MAN of Blitar City, and to describe the result of the learning of mind mapping model to increase the activeness and creativity of students in the sociology learning of Grade X at MAN of Blitar City.
Research design is Classroom Action Research (PTK – Penelitian Tindakan Kelas). It is used by the author to understand the effectiveness of mind mapping method to increase the activeness and creativity of students. This research is independently conducted by the author and therefore, the author plays full role in the planning or implementation of this research. Data are collected through observation, interview and documentation. Data analysis techniques used in this research are quantitative data analysis and qualitative data analysis.
The finding of this research is that Mind Mapping learning model is very effective in increasing the activeness and creativity of students in the sociology learning of Grade X second semester at MAN of Blitar City. Result of the finding of this research is that the planning of the learning model of Mind Mapping to increase
the activeness and creativity. RPP is prepared by highlighting the competence standard in the syllabus. The method used to deliver material in the sociology learning is referred to Mind Mapping model. The implementation of Mind Mapping learning model to increase the activeness and creativity of students in the sociology learning of Grade X at MAN of Blitar City is already smooth and in line with Mind Mapping method procedure. The application of Mind Mapping learning model may gives a lot of benefits for the students such as to facilitate students in the learning and to increase the creativity of students in describing or in coloring. The assessment of Mind Mapping learning model to increase the activeness and creativity of students in the sociology learning of Grade X at MAN of Blitar City shows a positive result. Based on the result of observation data, it is said that Mind Mapping can increase the activeness and creativity of students
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mind Mapping; Peningkatan Keaktifan dan Kreativitas Mind Mapping, The Increase of Activeness and Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47047 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |