Zulfikar, Ridho (2008) Analisis nilai-nilai edukatif dalam novel dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prosesi perkembangan pendidikan di tengah masyarakat sekarang ini, ternyata sering kali terjadi kehilangan ruh al-tarbiyyah-nya, sehingga usaha semangat untuk mengedepankan pendidikan terhadap masyarakat dibanding lainnya perlu mendapatkan perhatian dan solusi terbaik, lebih-lebih masyarakat yang belum dapat menikmati layaknya pendidikan formal. Sebuah pendidikan bukan hanya di dapat dari lingkungan sekolah, akan tetapi pendidikan juga bisa didapat dari sebuah pengamatan atau wacana yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pendidikan. Salah satunya yaitu lewat karya sastra yang berbentuk novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.
Berpijak dari latar belakang itulah, penelitian yang penulis lakukan mempunyai rumusan masalah sebagai berikut (1) Apa saja nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam novel “Dalam Mihrab Cinta” karya Habiburrahman El Shirazy (2) Apa saja hal-hal yang kurang relevan dalam novel “Dalam Mihrab Cinta” karya Habiburrahman El-Shirazy, dan (3) Apa saja nilai edukatif dari novel ”Dalam Mihrab Cinta” yang bisa diterapkan sebagai pola interaksi sosial seorang muslim di masyarakat.
Tujuan dilakukannya analisis ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel ”Dalam Mihrab Cinta”. Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Peneliti berfungsi sebagai instrumen penelitian karena peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data, dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian.
Hasil dari analisis novel ini menunjukkan bahwa nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel ”Dalam Mihrab Cinta” karya Habiburrahman El Shirazy adalah: Upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Semangat dalam melakukan ritual keagamaan, Bersyukur, Tolong menolong, Menyadari keterbatasan diri, Amar ma’ruf nahi munkar, Pentingnya mencari ilmu, Kemandirian, Bertanggung Jawab, Sigap menghadapi masalah, Mau menerima perubahan, Prinsip keadilan, Larangan memfitnah, Berprasangka baik (Husnudlon), Musyawarah, Metode megajar anak, Bersikap optimis, tidak putus asa, Mampu menerima kritik, Kejujuran, Menepati janji, Dermawan, Menebarkan Salam, dan Saling menghormati. Sedangkan dari nilai-nilai edukatif di atas, yang bisa diterapkan sebagai pola interaksi sosial seorang muslim di masyarakat adalah menghormati orang lain, tolong menolong, menebarkan salam, dermawan (murah hati), menepati janji, jujur, bersikap optimis, tidak putus asa, berprasangka baik (husnudlon), adil, bertanggung jawab, bangga atas usahanya sendiri, dan mengajak manusia kepada kebenaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syahid, M. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai edukatif; Habiburrahman El Shirazy; Novel Dalam Mihrab Cinta | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2016 17:14 | ||||||
Last Modified: | 31 Aug 2016 17:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4704 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |