Imadudin, Muhammad (2013) Penggunaan Media Monopoli dalam Kelompok Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geografi Kelas VII E Di Madrasah Tsanawayah Negeri (MTSN) Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130086_fulltext.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Integrasi mata pelajaran IPS sangatlah kompleks antara lain mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan lain-lain. Pembelajaran geografi seringkali dilaksanakan menggunakan metode ceramah hal ini membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa cenderung sebagai pendengar dan pencatat sehingga penanaman pembelajaran sangat kurang, salah satunya yang terjadi di MTsN Kediri 2. Dengan realita yang seperti itu maka diperlukan metode yang mampu meningkatkan motivasi belajar agar dapat mendapatkan prestasi yang baik, salah satunya dengan metode pembelajaran dengan permainan monopoli
Penelitian ini membahas tentang: Pertama, penggunaan media monopoli pada kelompok diskusi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran; Kedua, hasil penggunaan media monopoli pada kelompok diskusi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 (tiga) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTsN Kediri 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, evaluasi hasil belajar, wawancara, dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil analisis data setelah penerapan metode pembelajaran dengan permainan monopoli menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbukti dari adanya peningkatan motivasi prestasi belajarnya. Untuk itu, saran yang disampaikan pada pelaksana pembelajaran agar dapat menerapkan metode ini lebih bervariasi. Guna penelitian lebih lanjut dapat sebagai kajian untuk diadakannya penelitian tentang penerapan metode deang penggunaan permainan monopoli terhadap variabel yang lain.
ABSTRACT
Social sience education is a subject that is very important because it deals with the lives of everyday people. Integration is a complex social studies subjects such as Economics, Geographies, Histories, Sociologies and others. Learning geography is often implemented using the lecture method. This method makes it less active students in learning activities because students tend to be a listener and note taker, so that learning is very less investment, this one of occurred in Kediri MTsN 2. Consider with the reality, the suitable method needed which is able to increase the motivation to learn and in order to get good performance, one of them is a method of learning with games of monopoly
This study discusses: First, the use of media monopoly on discussion groups to increase student motivation and achievement in the subjects; Second, the results of the use of media monopoly in discussion groups to increase student motivation and achievement in the subject of geography.
This study used a qualitative approach to research types Classroom Action Research (CAR) to 3 (three) cycles. The subjects were students of class VII E MTsN Kediri 2. Data collection techniques used are observation, evaluation of learning outcomes, interviews and documentation. Qualitative data consists of observations and documentation of qualitative descriptive analysis, while the data is numeric or quantitative data were analyzed by using a sufficiently descriptive quantitative analysis.
Results of data analysis after the application of learning methods with monopoly game showed that the application of this method can increase student motivation and improve student achievement in the subject of Geography.
Conclusion of this research is evident from an increase in academic achievement motivation. Therefore, a suggestion that is delivered on the executors of learning so as to be applies the methods is more varied. In order to further research as studies for research based on implementation of the use monopoly game method can use another variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Permainan Monopoli; Motivasi dan Prestasi Belajar; Geografi Monopoly Games; Motivation and Learning Achievement; Geography | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47017 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |