Responsive Banner

Nilai-nilai pendidikan Islam dalam shalat berjamaah

Muniroh, Yayuk (2008) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam shalat berjamaah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rusulullah Muhammad saw adalah pendidik sejati bagi umat manusia, yang senantiasa membimbing, mengarahkan dan meluruskan pertumbuhan dan perkembangan budaya serta peradaban umat manusia berdasarkan Al-Quran. Setiap ajaran yang beliau sampaikan, dinamakan syariat Islam. Dan syariat Islam akan ditemui dalam pendidikan Islam. Pendidikan Islam adalah usaha yang dilakukan orang dewasa muslim yang bertaqwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan kemampuan anak didik melalui ajaran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangan. Pendidikan merupakan sumber daya yang terpenting. Penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu dan teknologi telah membawa pengaruh yang sangat besar dalam bidang pendidikan. Dalam ilmu pengetahuan banyak lembaga pendidikan yang secara pesat terlihat nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan siswa. Namun banyak juga lembaga pendidikan yang mengesampingkan adanya pendidikan yang benarbenar mau mendidik secara lahir bathin. Pendidikan yang mampu membimbing siswa ke arah yang terbaik dan mampu mencapai tujuan pendidikan berupa kebahagiaan dunia dan akhirat. Dari sini penulis ingin menawarkan solusi melalui pembahasan dalam bentuk skripsi dengan mengangkat judul Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Shalat Berjamaah.

Penulisan skripsi ini bertujuan guna menggali Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam shalat berjamaah. Dan kemudian dapat digunakan sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku setiap harinya.

Adapun penulisan skripsi ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research). Teknik yang dilakukan dalam penulisan ini adalah melalui analisis teks, yakni pembahasan yang bersumber dari informasi dalam bentuk teks yang dalam hal ini sumber primernya adalah Fathul Muin, Psikologi Shalat, Pedoman Shalat, dan Rahasia Shalat Bagi Penyembuhan Fisik dan Psikis. Dan sumber skundernya adalah buku-buku yang berhubungan dengan dunia pendidikan Islam terutama buku-buku pendidikan shalat diantaranya; Ilmu Pendidikan Islam, Kapita Selekta Pendidikan, Filsafat Nilai dan lain sebagainya. Penulis berusaha menganalisis isi (Content analysis) dari shalat berjamaah guna mencari nilai nilai pendidikan Islam yang dapat diambil dari shalat berjamaah tersebut.

Hasil dari pembahasan yang dapat penulis sampaikan dalam pembahasan kali ini bahwa terdapat banyak nilai-nilai pendidikan Islam dalam shalat berjamaah. Namun sebelumnya perlu adanya penjelasan lebih dahulu bagaimana hubungan antara nillai-nilai pendidikan Islam dengan shalat berjamaah. Hubungan antara nilai-nilai pendidikan Islam dengan shalat berjamaah yakni, pendidikan Islam merupakan wadah dimana masyarakat memperoleh sebuah pendidikan hingga mampu membedakan yang baik dan buruk. Shalat berjamaah merupakan sebuah materi pendidikan Islam yang akan memunculkan sebuah nilai-nilai keislaman. Sedangkan nilai-nilai merupakan kesimpulan dari penilaian masyarakat yang diperolehnya melalui pelaksanaan shalat berjamaah tersebut. Dan kemampuan manusia menilai sesuatu juga bersumber kepada pendidikan Islam yang pernah ditempuhnya baik melalui lembaga pendidikan maupun melalui kehidupan bersosial.

Nilai-nilai pendidikan dalam shalat berjamaah terdapat dalam tiga sub,pertama dari syarat-syaratnya,kedua dari bacan shalat berjamaah, ketiga dari gerakan shalat berjamaah. Dari ketiga sub tersebut didapati nilai-nilai pendidikan Islam berupa keihlasan, kesabaran, keteguhan hati, ukhuwah Islamiyah dan lain sebagainya. Dan Nilai pendidikan Islam yang paling utama dalam shalat berjamaah adalah nilai-nilai kemasyarakatan diantaranya; kebersamaan, keselarasan, ukhuwah islamiyah, dan lain sebagainya yang di dalamnya perlu adanya pendidikan Islam supaya nilai-nilai kemasyarakatan tersebut bisa terbentuk.

Kebenaran pendidikan shalat tidak bisa diragukan lagi karena perintah shalat langsung dari Allah SWT melalui Nabi Muhammad saw. yang merupakan Nabi terakhir dan Nabi pilihan. Di dalamnya juga banyak terkandung nilia-nilai pendidikan-pendidikan lainnya, di mana umat manusia seyogyanya memiliki berbagai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Semua nilai-nilai tersebut diambil dari suri tauladan yang diberikan Nabi Muhammad saw. Di dalam memberikan pengajaran kepada para kerabat dan sahabat beliau yang digali dari penyampaian beliau terhadap perintah shalat berjamaah. Dengan menegakkan shalat berjamaah penulis menawarkan solusi alternatif untuk mengatasi dunia pendidikan di Indonesia yang mulai hancur khususnya pendidikan akhlaq. Kalaupun ada alternatif yang lebih baik yang disampaikan, maka hal itu dapat dijadikan sebagai suatu masukan agar pembahasan skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBaharuddin, BaharuddinUNSPECIFIED
Keywords: Nilai-Nilai; Pendidikan Islam; Shalat Berjamaah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 31 Aug 2016 17:15
Last Modified: 31 Aug 2016 17:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4701

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item