Upaya peningkatan kompetensi pedagogis guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Malang

Istianah, Istianah (2008) Upaya peningkatan kompetensi pedagogis guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 6 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (819kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogis guru pendidikan agama Islam, di perlukan upaya-upaya guru, khususnya disini adalah guru PAI. Karena pada dasarnya majunya mutu pendidikan tergantung pada bagaimana guru dalam mengelola pembelajaran kepada peserta didik. Karena guru merupakan sosok orangyang bertanggung jawab dalam memberi kontribusi pada pengembangan ilmu dan pengembangan potensi secara maksimal. Untuk itu guru merupakan komponen paling menentukan dalam system pendidikan secara keseluruhan, sehingga perlu dikembangkan sebagai tenaga profesi yang bermartabat.

Berdasarkan permasalan diatas, maka rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti ini adalah bagaimana kompetensi pedagogis guru pendidikan agama Islam di SMPN 6 Malang dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan kepala sekolah dan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru PAI di SMPN 6 Malang. adapun tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogis guru PAI di SMPN 6 Malang dan upaya apasa yang dilakukan kepala sekolah dan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru PAI di SMPN 6 Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat diskriptif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran dan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipankutipan data yang memberi gambaran penyajian. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber data seklaigus informasi adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru PAI. Dengan pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yakni menggunakan metode interview atau wawancara mendalam, observasi, pengamatan peran serta, dan dokumentasi.

Dari penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kompetensi yang dimiliki guru PAI di SMPN 6 Malang adalah mempersiapkan terlebih dahulu untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan beberapa metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan memanfaatkan media-media yang ada. Upaya-uapaya yang dilakukan kepala sekolah dan guru PAI di SMPN 6 Malang beliau mengikut sertakan pelatihanpelatihan, workshop, training, rapat-rapat maupun menambah dan memperluas pengetahuan dengan mengikuti kursusu-kursus atau mengikuti endidikan yang lebih tinggi lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Prasojo, Amin
Keywords: Kompetensi Pedagogis; Guru Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 31 Aug 2016 10:15
Last Modified: 31 Aug 2016 10:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item