Fathon, Muhammad Zahrul (2014) Pembelajaran Materi Interaksi Sosial berbasis Multimedia Powerpoint pada Bidang Studi IPS di Mts Negeri Kunir Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08130039.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar merupakan bagian terpenting dalam pendidikan. Proses belajar mengajar adalah penentu kegiatan transfer nilai dan ilmu bisa berjalan dengan baik atau tidak. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar dirancang dan dijalankan secara profesional. Berbagai macam upaya telah dikenalkan serta digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan harapan guru akan lebih memberikan kesan pada proses pembelajaran di kelas. Perkembangan teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. MTs Negeri Kunir telah melakukan upaya-upaya inovasi dalam pembelajarannya, diantaranya dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis multimedia powerpoint dalam berbagai mata pelajaran termasuk pembelajaran IPS
Penelitian dengan menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif ini mendeskripsikan bagaimana pembelajaran materi interaksi soaial berbasis multimedia powerpoint pada bid. Dalaang studi IPS di MTS Negeri Kunir Blitar. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber data.
Dalam penerapannya di sekolah, Powerpoint merupakan salah satu software yang dirancang secara khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relative murah karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data. Power point mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi interaksi sosial berbasis multimedia powerpoint pada bidang studi IPS di MTs Negeri Kunir Blitar mengalami peningkatan cukup signifikan yakni 11% sampai 16% terlihat pada evaluasi kedua dan ketiga. Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ini cukup baik, siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media powerpoint.
ABSTRACT
Teaching and learning process is a significant part in education. Teaching and learning process determine transfer of scoring and cognition activity, whether it runs well or not. Success of education purposes mostly depend on how teaching and learning designed and applied professionally. A lot of efforts are introduced and used in teaching and learning process. It is expected that teacher can impress learning in class. The development of multimedia technology gives massive potentials to change everyone for studying, acquiring information, checking information, etc. MTs Negeri Kunir (Kunir State Islamic Junior High School) did struggles of innovations in learning, one of them employs studying source of power point multimedia basis in almost all subjects including social science learning.
This research uses qualitative approach. It describes how social interactionlesson learning of power point multimedia basis of social science subject in MTs Negeri Kunir Blitar (Kunir State Islamic Junior High School of Blitar). For collecting the data, the researcher does observing, interviewing, and documenting. Moreover, the researcher analyzes the data by applying descriptive analysis. Those are data reduction, data presentation, and concluding. The researcher checks the validity of the data by using triangulation of data source.
When it is applied in school, Power point is one of software which is designed particularly for displaying multimedia program impressively, easily to use, and cheaply to adopt because it does not need other stuff except for saving data in computer or laptop. It can improve significantly the result of student to study about interaction lesson learning of power point multimedia basis of social science subject in MTs Negeri Kunir Blitar (Kunir State Islamic Junior High School of Blitar). The research proves that 11% up to 16% increasing for second and third evaluation. Students’ perceptions related to this learning media are quite satisfying, they are absolutely enthusiastic to follow teaching and learning by employing power point media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Multimedia; Powerpoint; Learning; Multimedia; Powerpoint | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46995 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |