Harianto, Mokamat Heri (2014) Implementasi tekhnik Jigsaw guna meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami proses kebangkitan nasional pada siswa kelas X SMK Darulkaromah Randuagung Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08130030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Darulkaromah Randuagung Singosari, masih sering ditemui adanya kebosanan dalam proses pembelajaran, karena penggunaan metode pembelajarn yang monoton. Pembelajaran yang diterapkan di SMK Darulkaromah Randuagung Singosari belum mampu merangsang pemikiran siswa, sehingga mengakibatkan semangat siswa menjadi rendah. Rendahnya semangat siswa mempengaruhi daya pemahaman siswa dalam belajar.
Dilihat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang di rumuskan dalam penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana proses perencanaan, 2. Bagaimana proses pelaksanaan, dan 3. Bagaimana proses evaluasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami proses kebangkitan nasional kelas X SMK Darulkaromah Randuagung Singosari?.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat tiga tahap, yaitu 1. Proses perencanaan 2. Proses pelaksanaan dan 3. Proses evaluasi. Tekhnik-tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Tekhnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kualitatif dianalisis dengan cara menghitung presentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui: 1. Proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan tekhnik Jigsaw melalui beberapa tahapan, diantaranya persiapan membuat perencanaan pembelajaran (RPP), dan Soal pre test. 2. Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan tekhnik Jigsaw dilakukan dengan tiga kali pertemuan. 3. Proses evaluasi pembelajaran dengan menggunakan tekhnik Jigsaw, Pada siklus I diketahui bahwa ada peningkatan dari nilai rata-rata pre test sebelum tindakan sebesar 63,50, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 71,12 atau mengalami peningkatan nilai sebesar 8,33%. Dan pada siklus II dilakukan satu kali pertemuan, dapat diketahui bahwa ada peningkatan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 71,12 atau mengalami peningkatan sebesar 8,33% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80,00 atau mengalami peningkatan sebesar 12,48%.Salah satu
cara menciptakan prestasi belajar adalah dengan menerapkan tekhnik Jigsaw.
ABSTRACT
In the learning process of Social Sciences of class X in Vocational High School Darulkaromah Randuagung Singosari, boredom is often found in the presence of the learning process, because use of the monotone method pembelajarn. Applied learning in SMK Darulkaromah Randuagung Singosari not been able to stimulate the students' thinking, thus resulting in the spirit of the students is low. Low morale affect students' understanding of students in learning.
Judging from the above problems, the general problem formulated in this study, namely, 1. How does the process of planning, 2. How does the process of implementation, and 3. How does the evaluation process in increasing students' motivation in understanding the process of national awakening of class X SMK Darulkaromah Randuagung Singosari?.
Classroom action research was carried out by repeated cycles form in which there are three stages, namely 1. Process of planning 2. Process of implementation and 3. Evaluation process. Techniques of data-gathering techniques used were: interviews, observation, documentation. Techniques of qualitative data analysis which consists of the results of observation and documentation of qualitative descriptive analysis, while the data is numeric or qualitative data were analyzed by calculating the percentage.
Based on the research that has been done can be seen: 1. Process of lesson plans using the Jigsaw technique through several stages, including the preparation of lesson plan (RPP), and Problem pre-test. 2. Process of the implementation of learning by using techniques Jigsaw done in three sessions. 3. Process of learning evaluation techniques using Jigsaw, the first cycle is known that there is an increase of the value of the average pre-test before the action was 63.50, an increase in cycle I to 71.12 or an increase in value by 8.33%. And the second cycle is done one session, it can be seen that there is an increase of the average value of the first cycle of 71.12 or an increase of 8.33% in the second cycle increased by 80.00 or an increase of 12.48% . creating one way is to apply the learning achievement Jigsaw technique.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tekhnik Jigsaw; Motivasi Belajar; Memahami Proses Kebangkitan Nasional; Engineering Jigsaw; Motivation; Understanding the Process of National Awakening | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 11:20 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46992 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |