Taftazani, Muhammad Faiz (2013) Penggunaan metode tanya jawab dan diskusi pada mata pelajaran ekonomi kelas X a di MAN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130113.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran/latihan bagi pernannya di masa yang akan datang. Pendidikan mempunyai posisi strategis dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Posisi yang strategis tersebut dapat tercapai apabila pendidikan yang dilaksanakan mempunyai kualitas.
Pendidikan dikatakan berkualitas apabila terjadi penyelenggaraan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan melibatkan semua komponen – komponen pendidikan, seperti mencakup tujuan pengajaran, guru dan peserta didik, bahan pelajaran, strategi/metode belajar mengajar, alat dan sumber pelajaran serta evaluasi. Komponen-komponen tersebut dilibatkan secara langsung tanpa menonjolkan salah satu komponen saja, akan tetapi komponen tersebut diberdayakan secara bersama-sama. Dalam skripsi ini akan dibahas mengenai metode tanya jawab dan diskusi saja sesuai dengan judul skipsi. Metode tanya jawab berupa pertanyaan-pertanyaan dan penyumbang ide-ide dari pihak siswa. Sehingga Susana kelas bisa hidup dan proses belajar lebih berkembang.
Diskusi sebagai metode pembelajaran adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunan metode tanya jawab dan diskusi diharapkan dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran ekonomi.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata siswa menyukai dan memahami pelajaran ketika guru menggunakan metode Tanya jawab dan diskusi.
Saran yang diberikan adalah bagi lembaga pendidikan dan pihak yang berwenang diharapkan dapat menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Tenaga pengajar (guru) hendaknya bisa menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada mata pelajaran Ekonomi dan melaksanakan sesuai prosedur metode diskusi dan tanya jawab.
ABSTRACT
Education is conscious effort to prepare the learners pass through supervision, teaching/exercise for their roles in the future. Education has strategic position in improving human resources quality. The strategic position can be reached if the conducted education has quality.
Education can be said as quality if there is effective and efficient learning that includes all educational components, that include teaching goals, teachers and learner, learning materials, learning method, instruments and subjects sources and evaluation. The components are included directly without giving emphasis to one component but they are empowered together.
The catechize method in the form of questions and ideas from students. So the class situation can be alive and the learning process can develop.
The discussion as learning method is involvement of two participants or more to interacts, or defend their argument in problem solving so can be reached a agreement among them. The learning by using discussion method is interactive method.
The research design was qualitative and descriptive. While the results showed that the use of catechize and discussion method able to facilitate the student in learning economic.
From the results, it can be said that the students liked and understood the subject when the teacher used the method. The given suggestions for education institute or authorized parties should able to use the catechize and discussion method. The teachers should use the catechize and discussion method at the economic subject and able to implement the catechize and discussion method suitable with the procedure.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Metode Tanya Jawab dan Diskusi; Learning Model; Catechize and Discussion | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 15:02 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 15:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46982 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |