Jazil, Khoirul (2014) Implementasi Strategi Card Sort untuk meningkatkan motivasi siswa dalam memahami materi penyimpangan sosial pada Siswa Kelas VIII A di Smp Islam Al-Akbar Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130101.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penyimpangan sosial adalah bentuk perbuatan yang mengabaikan nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Penyimpangan sosial merupakan tingkah laku yang melanggar, bertentangan, atau menyimpang dari aturan-aturan hukum maupun harapan-harapan lingkungan sosial yang bersangkutan. Ironisnya di dalam masyarakat pelaku penyimpangan sosial didomonasi oleh pemuda dan anak-anak, pengaruh dari media masa sangat cepat diserap; juga dipengaruhi oleh oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan masa- masa labil mereka untuk mendapat keuntungan. Hal ini tentu memprihatinkan karna jumlah kasus penyimpangan sosial semakin tahun semakin bertambah. Sebagai lembaga pendidikan sekolah dituntut menekan jumlah pelaku penyimpangan, salah satunya melalui pembelajaran, untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat yakni strategi card sort, diharapkan melalui strategi pembelajaran yang tepat siswa dapat memahami penyimpangan sosial di dalam keluarga dan masyarakat secara optimal.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena dalam melakukan tindakan kepada subyek penelitian yang sangat diutamakan adalah mengungkapkan makna, yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi, kegairahan dan prestasi belajar melalui tindakan yang dilakukan. Data yang terhimpun peneliti adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi dengan sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort diketahui dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII A dalam memahami penyimpangan sosial, siswa SMP Islam Al-Akbar Singosari. Dari hasil nilai evaluasi juga dapat dilihat tentang peningkatan motivasi mulai dari pre-tes sampai siklus II dengan rician rata-rata kelas nilai pre-tes 71,2; siklus I 76; siklus II 78,8 dan didukung dengan nilai Lembar observasi pada observasi awal perolehan nilai skor 13 naik 5 poin menjadi 18 pada siklus I, kemudian naik lagi 6 poin pada siklus II menjadi 24.
ABSTRACT
Social aberration is a form of action that ignores the values and norms prevailing in society. Deviation is a social behavior that violates, contradicts, or deviate from the rules of law and the expectations of the social environment is concerned. Ironically society actors in the social deviation didomonasi by youth and children, the influence of mass media is very quickly absorbed; also influenced by elements who deliberately exploit their unstable periods for profit. This is unfortunate because the number of cases of social deviation growing more years. As education institutions are required to press the number of actors deviations, one through learning, it is necessary for the proper learning strategies strategy card sort, is expected through the appropriate learning strategies students can understand the social irregularities in the family and society optimally.
This research was carried out by using this type of Classroom Action Research (CAR) using a qualitative approach because the action to research subjects is highly preferred express the meaning, the meaning and the learning process as an effort to increase motivation, excitement and achievement of learning through action taken. Researchers collected data is through careful observation, interview and documentation. Checking the validity of the data using persistence observations and triangulation with sources, comparing and checking behind a degree of confidence that the information obtained through time and different tools in qualitative research.
Based on the research that has been done can be concluded that the application of learning strategies Card Sort is known to increase the motivation of students of class VIII A deviation in understanding the social, junior high school students Singosari Islam Al-Akbar. From the results of the evaluation value can also be seen on an increase in motivation from pre-test to the second cycle with rician class average pre-test score of 71.2; I cycle 76; 78.8 second cycle and is supported by the observation sheet value at the acquisition value of the initial observation scores 13 rose 5 points to 18 in the first cycle, then up another 6 points in the second cycle to 24.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penyimpangan Sosial; Card Sort; IPS; Deviation Social; Card Sort; IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46971 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |