Soegiarto, Winus (2013) Implementasi kurikulum berbasis karakter Islami dan berwawasan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRACT
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Kurikulum adalah jantungnya pendidikan (curriculum is the heart of education). Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitif), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Pendidikan karakter diharapkan dapat mengembangkan kualitas generasi muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil berbagai masalam di dalam bangsa ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikurikulum berbasis karakter islami dan berwawasan lingkungan pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Probolinggo meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta mendeskripsikan faktor apa saja pendukung dan penghambat implementasi kurikulum berbasis karakter islami dan berwawasan lingkungan pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Probolinggo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan Model analisis data yang digunakan studi kasus, yaitu dengan melakukan penelitian, mengumpulkan data, analisis data, menyederhanakan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi kurikulum berbasis karakter islami dan berwawasan lingkungan yaitu guru mengintruksikan siswa membersihkan kelas setiap kali sebelum dimulainya pembelajaran. (2) terdapat faktor pendukung dalam melaksanakan kurikulum berkarakter terhadap mata pelajaran Ekonomi, antara lain tersedianya fasilitas Lab. Komputer, hotspot area, LCD, taman kelas, mading, musholla, perpustakaan lengkap, serta dukungan dari orang tua wali, masyarakat, dan pemerintah. Selain itu terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum berkarakter, antara lain sulitnya siswa untuk diarahkan pada tindakan yang positif, serta guru masih seringkali menghadapi kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan nilai- nilai karakter islami dan berwawasan lingkungan kedalam setiap SK, KD dan indikator mata pelajaran Ekonomi.
Curriculum is a set of plans and arrangements regarding the content, learning materials and methods used to guide the implementation of teaching and learning activities. Curriculum is the heart of education. Character education is the more manner education, that involves cognitive aspects, feeling, and action. Character education is expected to improve the quality of the nation's youth in many aspects that can decrease many problems in this nation.
The objectives of this study are to describe the implementation of Islamic based curriculum and environment on economic subjects in MAN 2 Probolinggo. It include planning, implementation, and evaluation. As well as describing factors supporting and inhibiting the implementation of curriculum based on Islamic character and environment on economic subjects in MAN 2 Probolinggo.
The method used in this study is a qualitative approach. While the model of data analysis used is a case study by conducting research, collecting the data, analysing the data, simplifying the data and drawing conclusions.
The results showed that (1) the implementation of curriculum based on Islamic character and environmental insight is teachers instruct the students to clean the classroom before the learning begin. (2) there is a supporting factor in implementing the curriculum on the Economics subjects, such as: the availability of computer laboratory facilities, hotspot area, LCD, garden classes, wall magazine, mosque, complete library, as well as support from the parents, community, and government. In addition there is a limiting factor in the implementation the curriculum such as, the difficulty of students to be directed in a positive action, teachers often face difficulties in developing learning tools that integrate Islamic values and environmental character into every SK, KD subjects and Economic indicators.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum; Karakter Islami dan Lingkungan; Mata Pelajaran Ekonomi Curriculum; Islamic Based Curriculum and Enviroment; Economic Subject | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 11:39 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 11:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46949 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |