Juliawati, Eka Resita (2013) Pengaruh partisipasi siswa dan peran pengurus terhadap kinerja koperasi Sekolah Di SMA Negeri 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130074.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Koperasi adalah perkumpulan otonom dari orang-orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial dan budaya bersama melalui perusahaan yang mereka kendalikan secara demokratis. Hal tersebut diterapkan pada dunia pendidikan yaitu “Koperasi Sekolah”. Sementara partisipasi siswa merupakan realisasi peran anggota baik yang berhubungan dengan kewajiban dan hak-haknya. Serta Pengurus adalah anggota yang memperoleh kepercayaan dari RA yang memiliki peran yang terdapat pada tugas dan wewenang yang ada pada koperasi sekolah.Kinerja koperasi adalah tingkat pencapaian prestasi yang diukur dalam bentuk hasil-hasil kerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya pengaruh partisipasi siswa terhadap kinerja koperasi sekolah di SMA Negeri 5 Malang, untuk menjelaskan adanya pengaruh peran pengurus terhadap kinerja koperasi sekolah di SMA Negeri 5 Malang, serta untuk menjelaskan adanya pengaruh partisipasi siswa dan peran pengurus terhadap kinerja koperasi sekolah di SMA Negeri 5 Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen utama yang digunakan adalah angket untuk mengukur partisipasi siswa, peran pengurus, kinerja koperasi sekolah yang dipersepsikan oleh siswa. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisi data menggunakan regresi linier berganda, determinasi, uji t dan uji f. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, dan sampel yang berjumlah 45.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y=6,453+0,399(X1)+0,258(X2), dapat diartikan besarnya pengaruh partisipasi siwa (X1) sebesar 39,9% dan pengaruh peran pengurus (X2) sebesar 25,8%. Hasil perhitungan determinasi R2 sebesar 0,416 artinya kinerja koperasi sekolah dapat dijelaskan oleh partisipasi siswa dan peran pengurus sebesar 41,6% dan sisanya 58,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil uji t dan uji f menunjukkan: (1) Adanya pengaruh yang signifikan antara partisipasi siswa terhadap kinerja Koperasi sekolah, ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,393)>t table (1,679) dengan alpha 0,05 maka Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara peran pengurus terhadap kinerja Koperasi sekolah, ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,183)>t tabel (1,679) dengan alpha 0,05 maka Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara partisipasi siswa dan peran pengurus terhadap kinerja Koperasi sekolah, ditunjukkan dengan f hitung (14,949)>f table (2,81) dengan alpha 0,05 maka Ho ditolak.
Cooperative is an autonomous association of persons united voluntarily to
meet the needs and aspirations of economic, social and culture together through companies they controlled democratically. It is applied to the education of "Cooperative School". While student participation is a good realization of the role of members associated with the obligations and rights. As well as members of the Board is to gain the trust of that RA has a role in the duties and authority contained in the cooperative school. Cooperative performance is the level of achievement is measured in terms of employment outcomes.
The purpose of this study was to clarify the influence on the performance of the cooperative participation of school students in SMAN 5 Malang, to explain the effect on the performance of the cooperative role of school administrators in SMA Negeri 5 Malang, as well as to explain the influence of student participation and the role of the board on the performance of cooperative school at SMA Negeri
5 Malang.
The research approach used in this study is quantitative. The main instrument used was a questionnaire to measure student participation, the role of the board, the performance of cooperative schools perceived by students. Testing instrument used validity, reliability and classical assumption. While the method of data analysis using multiple linear regression, determination, t test and f. The population in this study were students of class XI IPS, and a sample of 45 students.
Based on the results of studies using multiple linear regression equation: Y = 6.453 +0.399 (X1) +0.258 (X2), the magnitude of the effect of participation can be interpreted Student (X1) of 39.9% and the effect of the role of the board (X2) of 25.8 %. Calculation results determinasi R 2 of 0.416 means that the performance of co-operative schools can be explained by the participation of Student and the role of caretaker of 41.6% and the remaining 58.4% is explained by other variables outside the model. T test and f test showed: (1) The existence of significant influence on the performance of cooperative participation of school students, indicated by t value (2.393)> t table (1.679) with an alpha of 0.05 then Ho is rejected. (2) There is a significant relationship between the performance of the cooperative role of the school board, indicated by the t value (2.183)> t table (1.679) with an alpha of 0.05 then Ho is rejected. (3) There is a significant relationship between students' participation and performance of the cooperative role of the school board, indicated by f count (14.949)> f table (2.81) with an alpha of 0.05 then Ho is rejected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Partisipasi Siswa; Peran Pengurus; Kinerja Koperasi Sekolah Student Participation; Role Management; Performance Cooperative School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2023 10:05 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2023 10:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46928 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |