Responsive Banner

Implementasi program akselerasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Malang

Hariyani, Titik (2012) Implementasi program akselerasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (fulltext)
08130096 full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Akselerasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia secara singkat diartikan sebagai percepatan. Menurut Latifah akselerasi adalah “program layanan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa untuk menyelesaikan masa belajarnya lebih cepat dari siswa yang lain. Menurut Hawadi istilah akselerasi dalam program ini berarti diartikan: meningkatkan kecepatan waktu dalam menguasai materi yang dipelajari, yang dilakukan pada kelas khusus. Program akselerasi dapat diartikan dengan seperangkat kegiatan pendidikan yang diatur sedemikian rupa, sehingga dapat dilaksanakan oleh anak didik yang memiliki potensi kecerdasan yang lebih dari siswa lain dalam waktu yang lebih singkat dari biasanya”.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk:1. Untuk mengetahui proses perencanaan program akselerasi pada SMP Negeri 3 Malang. 2.Untuk mengetahui pelaksanaan program akselerasi pada SMP Negeri 3 Malang. 3. Untuk mengetahui hasil evaluasi adanya program akselerasi pada SMP Negeri 3 Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam metode penelitian ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya, selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya di lapangan, di sini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.

Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di SMPN 3 Malang dapat disimpulkan bahwa proses perencanaan program akselerasi di SMPN 3 Malang dimulai dengan pembentukan Tim Pengelola Program Akselerasi yang mengemban berbagai tugas dan tanggung jawab dalam implementasi program ini. Pelaksanaan program akselerasi merupakan implementasi dari program akselerasi yang dimulai dengan berbagai tahap diantaranya menyiapkan program pembelajaran dan melengkapi sarana dan prasarana kelas akselerasi, melaksanaan program kurikulum kelas akselerasi dengan kurikulum dan materi yang sama dengan kelas RSBI ataupun Reguler, namun mereka memakai kurikulum berdiferensiasi. Hasil implementasi program akselerasi bahwa secara kognitif para siswa kelas akselerasi bagus, tetapi karena kesibukan yang luar biasa akhirnya porsi kehidupan sosial ini kurang. Dan karena ini merupakan kelas percepatan sehingga waktu yang tersisa dapat dimanfaat untuk pembinaan kemampuan penguasaan bidang studi khusus misalnya untuk pembinaan olimpiade.

ABSTRACT

Acceleration in Indonession dictionary was determined by velocity, according to Latifah acceleration is education program given to the intelligent student dan special talent to past the learn as quick as possible from the other. According to Hawadi acceleration determined by the velocity’s time to take over the matter in special class. Acceleration program could be determined by set of education activity was managed. Until could done by the intelligent more from the other short in time.

The purposes of this research there are: 1. To find out the plaining process of acceleration program at State Yunior High School of Malang 2. To find out the implentation of acceleration program at State Yunior High School of Malang 3. To find out the implentation of acceleration program at State Yunior High School of Malang.

The researcher uses qualitative research approach in order to reach the purpose. The character of this research is descriptive. The researcher uses observation, interview and documentation to collect the data in this research. Collected data in this research is data that appropriated with research question.

The result of this research that plaining process of acceleration program begun from formation of team acceleration program has brough the task and responsible. The implementation of acceleration program begun from any step were prepared the learning program and complited medium and infrastructure of acceleration class.done curriculum program which same by regular class, but they used the differential curriculum. The result of implementation of acceleration program that in a cognitive the acceleration student masterful but because their too compact in study till less in social live. Because this is a acceleration program so the residue time could used for development mastery the special lesson example the development for Olympiad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAli, NurUNSPECIFIED
Keywords: Implementasi; Akslerasi
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 20 Feb 2023 08:57
Last Modified: 20 Feb 2023 08:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46897

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item