Ermawati, Ermawati (2013) Pengaruh Lingkungan Sosial Budaya Siswa dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siwa Pada Jurusan IPS Di Madrasah Aliyah Manbail Futuh Jenu-Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130071_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Prestasi belajar merupakan hasil dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik berupa kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Usaha untuk mencapai prestasi belajar yang optimal dari proses belajar mengajar tersebut, seorang siswa dapat juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang timbul dar dalam diri siswa itu sendiri seperti gaya belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari luar diri siswa diantaranya lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan apakah ada pengaruh antara lingkungan sosial budaya siswa terhadap prestasi belajar siswa pada jurusan IPS di Madrasah Aliyah Manbail Futuh Jenu-Tuban.(2) Menjelaskan apakah ada pengaruh antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada jurusan IPS di Madrasah Aliyah Manbail Futuh Jenu-Tuban. (3) Menjelaskan apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial budaya siswa dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada jurusan IPS di Madrasah Aliyah Manbail Futuh Jenu-Tuban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa metode kuesioner, metode dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik regresi linier berganda dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya antar variabel pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji F.
Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan sosial budaya siswa terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan uji t bahwa nilai t hitung > t tabel (3,621 > 2,018) dan tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan uji t bahwa nilai t hitung < t tabel (-2,207 > 2,018). Sedangkan secara simultan, ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial budaya siswa dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan uji F bahwa nilai F hitung > F tabel (10,142 > 3,219).
Learning achievement is the result of what has been achieved by the students after conducting a series of learning activities in the form of behavioral changes in the form of cognitive, affective, and psychomotor. Effort to achieve optimal learning achievement of the learning process, a student may also be influenced by internal and external factors. Internal factors are factors that arise from within the students themselves as learning styles. While external factors ie factors that arise from outside the student such as family environment, school environment, and the community.
The purpose of this study is (1) Explain whether there is influence between students socio-cultural environment on student achievement in the social studies department at Islamic Senior High School Manbail Futuh Jenu-Tuban. (2) Explain whether there is influence between students learning styles on student achievement in the social studies department at Islamic Senior High School Manbail Futuh Jenu-Tuban. (3) Explain whether there is significant relationship between students socio-cultural environment and student learning styles on student achievement in the social studies department at Islamic Senior High School Manbail Futuh Jenu-Tuban.
This study used a quantitative approach and techniques of data collection methods such as questionnaires, methods of documentation, and interviews. While the data analysis techniques used by the researchers is the multiple linear regression techniques and to test how much influence among the variables in this study using the t test and F test.
From the analysis it can be seen that there is a significant effect partially between students 'socio-cultural environment on student achievement, with the t test indicated that the value of t count > t table (3.621> 2.018) and no significant effect partially between students' learning styles on student achievement, indicated by t test that t value < t table (-2.207 > 2.018). While simultaneously, there was a significant effect between students' socio-cultural environment and student learning styles on student achievement, the F-test indicated that the value of F count > F table (10.142 > 3.219).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Sosial Budaya Siswa; Gaya Belajar Siswa; dan Prestasi Belajar. Student Social and Cultural Environment, Student Learning Styles, Learning Achievement. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 10:51 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 10:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46864 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |