Rasyid, Hamidi (2013) Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS MAN Kediri 2 Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130069-full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan secara sadar atau sengaja berupa penambahan pengetahuan maupun keterampilan yang mengakibatkan adanya perubahan tingkah laku manusia secara langgeng atau kontinyu baik secara fisik maupun psikis yang ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai, yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Sesuai dengan definisi yang diberikan oleh Usman bahwasannya prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai siswa yang dilakukan melalui tes prestasi hasil belajar yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap siswa untuk menerapkan tingkat prestasi atau tingkat keberhasilan siswa terhadap suatu bahasan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Siswa kelas XI Jurusan IPS MAN Kediri 2 Kota Kediri, (2) Menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Siswa kelas XI Jurusan IPS MAN Kediri 2 Kota Kediri, dan (3) Menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Siswa kelas XI Jurusan IPS MAN Kediri 2 Kota Kediri .
Mengacu pada tujuan penelitian tersebut diatas maka peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dan dokumentasi yaitu berupa arsip sekor nilai ulangan harian jurusan IPS kelas XI MAN Kediri 2 Kota Kediri. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabelitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regesi linier berganda, determinasi, uji t dan uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan IPS Man Kediri 2 Kota Kediri yang berjumlah 240 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak
60 orang siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa (1) Koefisien korelasi antara variabel kompetensi pedagogik guru (X1) dengan prestasi belajar (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian maka terbukti bahwasannya ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru(X1) dengan prestasi belajar (Y), yaitu dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu (3.843 ≥ 2.00) dengan signifikansi 0,000. (2) Koefisien korelasi antara variabel motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian maka terbukti bahwasannya ada pengaruh antara motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y), yaitu dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2.934 ≥ 2.00) dengan signifikansi 0,005. Dan (3) Koefisien korelasi antara kompetensi pedagogik guru (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) menunjukkan hasil yang signifikan, yaitu yang dilakukan dengan uji F (uji serentak) menunjukkan bahwa secara bersama-sama kompetensi pedagogik guru (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu (34,004 > 5.00) dan probabilitas < α yaitu 0,000 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersamasama terdapat pengaruh positif signifikan antara kompetensi pedagogik guru(X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y)
ABSTRACT
Learning achievement is all of activity that doing awarely or intentionally like increasing of knowledge although skill that have effect there is change of atituade of human being by forever or by continuous physicly or psychologically that showing by value of test or mark of value, that covered cognitive aspect, affective aspect and psycomotorik aspect. According to Usman learning achievement is the result that get by student that doing by test achievement of learning result that have purpose to get thinking about competency of student to apply the level of achievement or level of the successly of student in the getting material.
The purpose of this research is (1) Describe about pedagogy competence of teacher to
learning achievement student XI class social majors MAN Kediri 2 Kota Kediri, (2) Describe the influence learning motivation to student achievement XI class social majors MAN Kediri 2 Kota Kediri, and (3) Describe the influence podagogy competence and learning motivation to student learning achievement XI class social majors MAN Kediri 2 Kota Kediri.
Based on this purpose of research so researcher use quantitative method. Instrument that used is questionnaire and documents like archives, value of examination social majors XI class MAN Kediri 2 Kota Kediri. Instrument test use validity test and reabilit test. Whereas analysis method use regression linear bifiliar, determination t test and F test. Population in this research is XI student social majors Man Kediri 2 Kota Kediri that amounted 240 students. Taking sample use technique purposive sampling with total of sample is 60 students.
The result of research explain that (1) Coefficient colleration between Pedagogy competencee of teacher variable(X1) with learning achievement (Y) show the result that have influence significantly. So that proved there is influence between pedagogy competence of teacher(X1) with learning achievement (Y), that is can be see from researh result that result of thitung more than ttabel it is (3.843 ≥ 2.00) with significant 0,000. (2) Coefficient colleration between learning motivitation variabel (X2) with learning achievement (Y) show the result that have influence significantly. So that proved there is influence between learning motivitation (X2) with learning achievement (Y), that is can be see from researh result that result of thitung more than ttabel it is (2.934 ≥ 2.00) with significant 0,005. and (3) Coefficient colleration between Pedagogy competencee of teacher variable (X1) and learning motivitation variabel (X2) with learning achievement (Y) show the result that have influence significantly, it is doing by F test (all at once test) showing that secara pedagogy competency of teacher (X1) anh learning motivation (X2) have significant influence with learnng achievement (Y). Based on resut of calculation knowing that Fhitung more than Ftabel it is (34,004 > 5.00) and probability < α it is 0,000 < 0,05, it mean Ho have rejected dan Ha have accepted . so that inferential that togetherly have positif effect that significant between pedagogy competence of teacher(X1) and learning motivitation (X2) to learning achievement (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi; Prestasi Belajar; Pedagogy Competence of Teacher; Motivation; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 10:15 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 10:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46859 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |