Zulmi, Rizal (2013) Pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS MAN Kediri 2 Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130068-full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Sekolah sebagai institusi pendidikan pada dasarnya tidak hanya bertujuan untuk mendidik anak didik menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar menjadi insan yang berakhlak mulia. Berdasarkan paparan diatas maka rumusan masalah yang timbul adalah, 1) apakah ada pengaruh antara pendidikan karakter terhadap prestasi belajar. 2) apakah ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 3) apakah ada pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Sehingga tujuan dari penelitian adalah, 1) untuk mengetahui adakah pengaruh antara pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa. 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS MAN Kediri II Kota Kediri. Sampel yang dijadikan responden penelitian berjumlah 60 siswa dari kelas XI IPS MAN Kediri II Kota Kediri. pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasi, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Kemudian data tersebut dilakukan pengujaian validitas, reliabilitas,uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi berganda.
Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa Koefisien korelasi antara variabel pendidikan karakter (X1) dengan prestasi belajar (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian maka terbukti bahwasannya ada pengaruh antara pendidikan karakter (X1) dengan prestasi belajar (Y), yaitu dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,326 ≥ 2.021 dengan signifikansi 0,021. Koefisien korelasi antara variabel motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan. Dapat dilihat dari hasil penelitian yang ada dimana hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2.088 ≥ 2.021 dengan signifikansi 0,041. Koefisien korelasi antara pendidikan karakter (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) menunjukkan hasil yang signifikan, yaitu yang dilakukan dengan uji F (uji serentak) menunjukkan bahwa secara bersama-sama pendidikan karakter (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 11,780 > 3.17dan probabilitas < α yaitu 0,000 < 0,05, artinya secara bersamasama terdapat pengaruh positif signifikan antara pendidikan karakter (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y).
School as an educational institution is essentially not only aims to educate students to be intelligent, but also build up his personality in order to be a noble human being. Based on the exposure, the research problems arise that are, 1) Is there any influence of character education on learning achievement. 2) Is there any influence of motivation on learning achievement. 3) Is there any influence of character education and motivation toward learning achievement. Therefore, the aims of the research are, 1) to know is there any influence of character education on student achievement. 2) to know is there any influence of motivation on learning achievement. 3) to know is there any influence between character education and motivation toward learning achievement.
In this study, the population is all students in class XI IPS Programs II MAN Kota Kediri. Samples are used as survey respondents totaled 60 students from class XI IPS MAN II Kota Kediri.This research is quantitative approach to the type of correlation, which takes a sample of the population and the use of questionnaires as a data collection tool. Then, the data is counducted validity test, reliability, normality test, linearity test and multiple regression analysis.
The results of the research which has been done starting that the correlation coefficient between the variable character education (X1) with learning achievement (Y) showed a significant effect. Thus, it is the evident that there is influence between character education (X1) with learning achievement (Y), which can be seen from the results of existing studies in which the results of t count greater than t table is 2.326 ≥ 2.021 with a significance of 0.021. The correlation coefficient between motivation variables (X2) with learning achievement (Y) showed a significant influence. It can be seen from the results of existing studies in which the results of t count is greater than t table ie ≥ 2.021 2,088 0.041 significance. The correlation coefficient between character education (X1) and motivation (X2) on learning achievement (Y) showed significant results, which were conducted by F test (simultaneous test) that showed the equally character education (X1) and motivation ( X2) significantly influence academic achievement (Y). Based on calculations known that F count is greater than the F table 11.780> 3.17 and probability <α is 0.000 <0.05, it means that there is positive jointly significant between character education (X1) and motivation (X2) on learning achievement (Y) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Character Education; Motivation Learning; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:15 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 10:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46846 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |