Ismawanti, Ismawanti (2011) Penerapan Teknik Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas VII B SMP Negeri 1 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan bangsa Indonesia hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk mencapai itu, pembaharuan pendidikan di Indonesia perlu terus dilakukan untuk menciptakan dunia pendidikan yang peka terhadap perubahan zaman. Di SMP Negeri 1 Turen khususya kelas VII B masih banyak ditemukan kasus dimana siswa kurang siap dalam mengikuti pelajaran. Siswa datang ke sekolah tanpa bekal pengetahuan tentang materi yang akan dibahas dikelas. Siswa datang ke sekolah dengan motivasi untuk bertemu dengan teman-temannya dan pada saat pelajaran berlangsung siswa hanya berharap pengetahuan tentang materi yang akan diberikan guru dikelas tanpa adanya respon balik dari siswa, dan ketika guru menjelaskan materi mereka lebih senang berbicara sendiri dan bermain dengan temannya sehingga hasil belajar peserta didik masih banyak yang rendah dibandingkan kelas-kelas lain. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam sekripsi sehingga penulis mengambil judul Penerapan Teknik Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII B SMP Negeri 1 Turen.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan teknik course review horay (CRH) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII B SMP Negeri 1
Turen; (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik course review horay (CRH) yang efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII B SMP Negeri 1 Turen; (3) Untuk mendeskripsikan penilaian teknik course review horay (CRH) yang efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII B SMP Negeri 1 Turen.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam perjalanan pengumpulan data, yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil tes, kegiatan guru selama proses pembelajaran dan motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran. Sedangkan untuk analisisnya, penulis penggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang penulis peroleh selama melakukan pengamatan langsung di lapangan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwasanya teknik belajar yang penulis tawarkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas VII-B SMP Negeri 1 Turen (1) pada perencanaan metode mengacu pada RPP yang telah dirancang, pelaksanaan teknik sesuai dengan RPP yang telah dirancang secara kalaboratif bersama ibu Hartatiek selaku guru ekonomi kelas VII-B; (2) pada pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar, pelaksanaan teknik Course Review Horay (CRH) merupakan pengalaman baru bagi guru dan siswa; (3) pada penilaian, dari data secara kuantitatif perolehan skor dalam motivasi dan hasil belajar siswa memperoleh nilai yang cukup tinggi.
ABSTRACT
The progress of the Indonesian people could only be achieved through the arrangement of a good education. Efforts to improve the quality of education is expected to raise Indonesia's human dignity. To achieve that, the renewal of education in Indonesia should continue to be done to create the world of education that is sensitive to the changing times. In SMP Negeri 1 Turen spesially at VII class B there are still many cases where students are less prepared in the course. Students come to school without the provision of knowledge about the material that will be discussed in class. Students come to school with the motivation to meet with his friends and students during lessons only hope the knowledge of the material that will be given in class without the teacher feedback from students, and when the teacher explained the material they preferred talking to himself and playing with her friends so that student learning outcomes is still much lower than other classes. Departure from the author's background and want to discuss it in Thesis so author take the title application of the technique Horay Review Course (CRH) To Improve Student Motivation and Learning Outcomes Lesson Economic at Class VII B SMP Negeri 1 Turen.
The purpose of this research are (1) to describe the technical design course reviews horay (CRH) in increasing motivation and student learning outcomes on economic subjects of class VII B SMP Negeri 1 Turen, (2) to describe the technical implementation of the course review horay (CRH) effective so as to increase the motivation and student learning outcomes on economic subjects of class VII B SMP Negeri 1 Turen, (3) To describe the course reviews assessment techniques horay (CRH) effectively in order to improve motivation and learning outcomes of students in the class of economic subjects VII B SMP Negeri 1
Turen.
Research is done by the author are included in classroom action research (CAR). In the course of data collection, which is used in this study is to test results, the activities of teachers during the learning process and student motivation during the learning. As for analysis, the authors use qualitative descriptive analysis techniques, namely in the form of qualitative data and quantitative data that the authors obtained during direct observation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Teknik Course Review Horay (CRH); Motivasi dan Hasil Belajar Engineering Review Course Horay (CRH); Motivation and Learning Outcomes. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 14:33 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 14:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46832 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |