Maula, Inayatul (2011) Penerapan Metode Student Facilitator and Explaning untuk meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar, karena bagi siswa prestasi belajar dijadikan sasaran (tujuan). Dalam proses pencapaian prestasi belajar, metode adalah salah satu faktor yang menetukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut. Oleh sebab itu penerapan metode harus sesuai dengan materi yang dipelajari untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan dikalangan siswa sehingga bisa menggerakkan gairah dan semangat belajar siswa.
Penerapan metode juga menuntut seorang guru dalam memilih ketepatan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa bisa terwujud. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Penerapan Metode Student Facilitator And Explaning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangil. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode, dokumentasi, observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan daftar cek. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik reduksi, penyajian serta menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasannya prestasi belajar siswa diperoleh hasil yang cukup tinggi. Setelah menerapkan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 31,75%. Rata-rata hasil tes siklus I menunjukkan angka 59,21 sedangkan hasil tes siklus II adalah 90,69 namun pada siklus III mengalami penurunan menjadi 87,58.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Proses perencanaan pembelajaran pada penelitian ini dilakukan peneliti mulai dari izin peneliti yang diberikan izin oleh Bapak Prayitno selaku kepala sekolah dan Ibu Ani selaku guru Akuntansi, tahap observasi dengan dua kali pertemuan yang menghasilkan nilai pre test rata- rata 75,94 sampai pembuatan perangkat pembelajaran sebanyak tiga siklus yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru Akuntansi dipakai untuk pedoman pelaksanaan penelitian. 2) Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Pada siklus I pelaksanaan masih belum sesuai dengan rencana pembelajaran karena siswa kelas XI IS 2 masih belum mengerti metode Student Facilitator And Explaning, namun pada siklus II dan siklus III pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan rencana pembelajaran terlihat dari lembar observasi dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan. Dengan rata-rata siklus I 62%, siklus II 82%, dan siklus III 90%. 3) Penilaian pembelajaran pada penelitian ini dilakukan setiap siklus. Dimana dalam siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang tinggi namun pada siklus III rata-rata nilai siswa menurun sedikit.
ABSTRACT
Achievement learn to constitute acquired result student after follow teaching and learning process, because since for achievement student studies to be made by target (to the effect). In achievement attainment process studies, method is one of factor which successful determine it processes that teaching and learning. Therefore of method shall be suitable with studied material to organize developed idea on student so can build enthusiasm and spirit learning.
Implementation of method also charge a teacher to choose method accuracy that is utilized in teaching and learning process. So that indicator achievement of educating purpose is achievement studies student can materialize. Departed of background that is writer then wants to work through it in skripsi and takes title Implementing Student Facilitator Method and Explaning to Increase achievement of accounting subject at Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangil. To the effect was done, to know learning and for know learning.
Research that writer does it be include in action research class and get data writer utilizes to methodic, documentation, observation, interview, field note, essay, and check register. Whereas for analysis, writer utilizes reduction tech, representation and gleaning from and verification. whereas for analisisnya, writer utilizes reduction tech, representation and draw from conclution and verification.
Result of research that done by writer can be passed on in here, bahwasannya is achievement studies yielding acquired student one high enough. After apply learning that test result cycle 31,75%. Averagely test rusult cycle I on 59,21 and result test cycle II is 90,69 but on cycle III decrease become 87,58.
For this research is conclude: 1) Planning learning process on observational it was done by researcher beginning of researcher permit that given by Mr. Prayitno (school's) and Mrs. Ani (teching accounting), observation phase with two-time meet one results to assess pre test average 75,94 until learning peripheral makingses as much three cycle that done by collaboration ala with accounting teacher is used for observational performing guidance. 2) perform learning on observational it consisting of three cycles. On performings cycle I still corresponded to learning plan because class student XI IS 2 still understood methods Student Facilitator And Explaning, but on cycle II and performings cycle III learning have corresponded to learning plan appears of observation sheet of cycle I until cycle III to experience step-up. With cycle I average 62%, cycle II, 82%, and cycle III 90%. 3) learning Estimation on observational it is done each cycle. Where in cycle I goes to cycle II experience tall step-up but on cycle III average appreciative student down little bit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Prestasi Belajar Method; Learned achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:38 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46831 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |