Aisyah, Dewi (2011) Interaksi Sosial dan perilaku Sosial Ekonomi pedagang di kawasan obyek Wisata Jawa Timur Park (Jatim Park) Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130109.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, kawasan obyek wisata Jawa
Timur Park yang terletak di lereng gunung Panderman tepatnya di Jl Kartika no. 2
Batu, Jawa Timur-Indonesia, dalam perkembangannya mempunyai konsekuensi dan dampak yang langsung terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat sekitar obyek wisata tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tentang
interaksi sosial dan perilaku sosial ekonomi masyarakat yang bekerja sebagai pedagang di kawasan obyek wisata Jatim Park kota Batu. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pola interaksi sosial pedagang di kawasan obyek wisata Jawa Timur Park kota Batu, (2) Bagaimanakah perilaku sosial ekonomi pedagang di kawasan obyek wisata Jatim Park kota Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, fokus penelitiannya adalah pola interaksi dalam berbagai aspek kehidupan dan perilaku sosial ekonomi pedagang. Sumber datanya adalah masyarakat sekitar yang bekerja sebagai pedagang di kawasan obyek wisata Jatim Park. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber dan metode analisis datanya adalah model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sosial ekonomi pedagang tampak dalam aktivitas para pedagang dalam kegiatan ekonomi mereka sebagai pedagang. Pola interaksi sosial pedagang terbagi atas dua pola yaitu pola interaksi sosial asosiatif yang berupa kerjasama dalam berbagai aspek kehidupan serta adanya akomodasi dan asimilasi. Pola yang kedua yaitu pola interaksi sosial disosiatif yang berupa persaingan dan pertentangan atau pertikaian.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bagi para pedagang agar memiliki sikap terbuka dalam menerima perbedaan-perbedaan untuk menghindari persaingan dan pertentangan atau pertikaian. Bagi pihak perusahaan agar lebih aktif dalam memberikan penyuluhan terhadap para pedagang untuk menghindari persaingan dan pertentangan.
ABSTRACT
As one tourist destination, JTP area attractions are located on the slopes Panderman on Jl Kartika no. 2 Batu, Jawa Timur-Indonesia, JTP has consequences in the development and direct impact on socio-economic change in communities around the attractions.
The aim of this study is for knowing the common patterns of social interaction and social-economic behavior of the society that works as a trader in the JTP area attractions. The issues raised in this study are (1) How patterns of social interaction of Traders in the JTP Area Attractions batu town. (2) How socio- economic behavior of traders in the Area Attractions batu town.
This study used a qualitative descriptive approach, the focus of the research are interaction patterns in the various aspects of economic life and the social behavior of traders. The data sources are people around who worked as a trader in the JTP tour. Data collection methods used was observations, interviews and documentation. Validity of the examination technique is the technique of triangulation of data sources and methods of data analysis is a model of interactive analysis.
The results of this study indicate that the behavior of traders looked at socio- economic activities of traders in their economic activities as a trader. Patterns of social interaction traders were divided into two patterns of social interaction patterns of associative forms of cooperation in various aspects of life and the existence of accommodation and assimilation. The second pattern is a pattern of social interaction in the dissociative form of competition and conflict or dispute.
Based on the results of this study it can be advisable for traders to have an open attitude in accepting this distinction to avoid competition and conflicts or disputes and for companies to be more active in providing information to traders to avoid competition and conflict.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pariwisata; Perilaku Sosial Ekonomi dan Pola Interaksi Sosial Tourism; Socio-Economic Behavior; Patterns of Social Interaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:38 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46830 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |