Lutfiyah, Emy Zamilatul (2011) Strategi pemasaran produk makanan Tradisional dalam menghadapi persaingan usaha pada Sentra Usaha Kecil di Dusun Kranding Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130099.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan bisnis yang sangat tajam merupakan tantangan bagi wirausaha untuk tetap berada dalam persaingan usaha. Supaya berhasil, perusahaan harus melakukan tugasnya melebihi pesaing. Maka strategi pemasaran harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen serta kebutuhan strategi pesaing. Merancang strategi pemasaran yang kompetitif dimulai dengan melakukan analisis terhadap pesaing. Perusahaan secara terus-menerus membandingkan nilai dan kepuasan pelanggan dengan nilai yang diberikan oleh produk, harga, distribusi, dan promosinya terhadap pesaingnya, lalu menentukan strategi yang tepat dan sesuai untuk mempertahankan posisinya.
Fokus dan tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan strategi pemasaran produk makanan tradisional Trenggalek oleh penjual yang ada pada sentra usaha kecil di Dusun Kranding Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dalam menghadapi persaingan. Strategi pemasaran produk makanan tradisional Trenggalek yang terdapat pada sentra usaha kecil di Kranding adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) meliputi; product, price, promotion, dan place/distribution. Masing- masing komponen strategi merupakan strategi yang paling dominan dalam meningkatkan pemasaran.
Lokasi penelitian ini pada Sentra Usaha Kecil di Dusun Kranding Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi pada beberapa penjual makanan khas Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan memaparkan data secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dengan menggunakan langkah-langkah editing, classifying, analysing, dan verifying.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh penjual produk makanan tardisional Trenggalek dalam menghadapi persaingan menggunakan strategi produk, harga, promosi, dan distribusi yang masih sederhana.
Ada empat strategi yang diterapkan dalam pemasaran produk makanan tersebut, dan strategi yang paling menonjol adalah strategi produk. Hal itu ditunjukkan dengan usaha memperbanyak variasi produk, baik dari jenis, rasa, bentuk, ukuran, kemasan, merek, dan kualitas. Selain itu, untuk meningkatkan daya saing melakukan promosi- promosi yang bersifat tradisional dan modern. Sementara strategi tempat dilakukan dengan cara memperindah dan memperbesar stand penjualan, sedangkan strategi distribusi dilakukan secara variatif, meliputi saluran langsung dan saluran tidak langsung.
ABSTRACT
Business competition is very sharp is a challenge for entrepreneurs to stay in business competition. To be successful, companies must do its job more than a competitor. So the marketing strategy should be tailored to the needs of consumers and the needs of competitors strategies. Designing a competitive marketing strategy begins with an analysis of competitors. The company continually compares the value and customer satisfaction with the value given by the product, pricing, distribution, and promotion of its competitors, then determine appropriate strategies and appropriate to defend its position.
The focus and purpose of this study is to reveal the marketing strategies of Trenggalek traditional food products by the seller that is in a small business center in Orchard Village Kranding Bendorejo Pogalan Trenggalek in the face of competition. Marketing strategies of traditional food products contained in Trenggalek small business centers in Kranding is marketing mix strategy (marketing mix) include: product, price, promotion, and place / distribution. Each component of the strategy is the most dominant strategy in improving marketing.
The location of this research at the Center for Small Business in Orchard Village Kranding Bendorejo Pogalan Trenggalek using interviews, observation, and documentation on some typical food vendors Psychology. This type of research is qualitative research and present the data descriptively. This research was carried out in stages by using the steps of editing, classifying, analyzing, and verifying.
Based on research results can be explained that the marketing strategy by vendors of Trenggalek traditional food products in the face of competition using the product strategy, pricing, promotion, and distribution are still simple.
There are four strategies adopted in the marketing of food products, and strategies of the most prominent is the product strategy. This was shown by the effort to reproduce the variations of products, both of type, taste, shape, size, packaging, branding, and quality. In addition, to enhance competitiveness promotion campaigns that are traditional and modern. While the strategy is done by way of beautify and enlarge the sales booth, while done in varied distribution strategy, including direct channels and indirect channels.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pemasaran; Persaingan Usaha; Usaha Kecil; Makanan Tradisional Marketing Strategy; Business Competition; Small Business; Traditional Food | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:38 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46824 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |