Anggraini, Nila Nur (2011) Implementasi Metode Problem Solving, Diskusi dan pemberian tugas untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-D di MAN Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130092.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagaimana diketahui realita yang terjadi di MAN Malang 1 pada kelas X-D siswanya masih belum maksimal dalam merespon mata pelajaran Sosiologi yang diberikan oleh guru. Seperti, kurangnya motivasi yang dimiliki siswa, metode yang diberikan guru kurang bervariasi, saat pembelajaran siswa ribut, kurang perhatian, dan mengabaikan mata pelajaran sosiologi. Atas dasar fakta pendidikan yang terjadi, peneliti akan hadir dengan mengimplementasikan metode problem solving, diskusi, dan pemberian tugas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-D di MAN Malang 1. Peneliti memilih lokasi tersebut karena ingin mengaplikasikan suatu bentuk metode, yang mana metode Problem solving, Diskusi dan Pemberian Tugas ini merupakan metode yang bisa membangkitkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang 1. Motivasi dapat menentukan baik tidaknya dalam mencapai tujuan, sehingga akan makin besar kesuksesan belajarnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving, diskusi, dan pemberian tugas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-D di MAN Malang 1.
Dengan desain penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) jenis kolaboratif. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase dan rata-rata.
Temuan penelitian menunjukkan bahwasanya metode belajar yang penulis tawarkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Sosiologi. Peningkatan motivasi pada metode problem solving siklus I rata-rata 3,81(baik), meningkat pada siklus II menjadi 4,37(baik), dan pada siklus III tetap 4,37(baik). Peningkatan motivasi metode diskusi siklus I 4,25(baik), meningkat pada siklus II menjadi 4,37(baik), dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 4,75(baik sekali). Peningkatan motivasi pada metode pemberian tugas siklus I 1(tidak baik), meningkat pada siklus II menjadi 4,5(baik), dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 5 (baik sekali).
ABSTRACT
As known the reality which happened in Malang MAN XD 1 on class students are still not maximal in response to Sociology course given by the teacher. Such as, lack of motivation that the students, teachers given methods are less variable, when student learning noisy, inattentive, and ignore the subject of sociology. On the basis of the fact that education occurs, investigators will be present to implement the method of problem solving, discussion, and giving the task to increase students' motivation in class XD MAN Malang 1. Researchers chose these locations because they want to apply a form of method, in which problem solving methods, discussion and provision of this task is a method that can generate the motivation to study Madrasah Aliyah Malang 1. Motivation can determine whether or not in achieving the goal, so it will be greater learning success.
The purpose of this study was to describe the planning, implementation, assessment of learning using the method of problem solving, discussion, and giving the task to increase students' motivation in class XD MAN Malang 1.
With the design of classroom action research (classroom Action Research) type of collaborative. Data collection techniques used, namely: (1) observation, (2) interviews, (3) documentation. Data analysis techniques are qualitative in nature consisting of observations and documentation descriptively analyzed qualitatively, while the data is numeric or quantitative data were analyzed by calculating percentages and averages.
The study findings suggest that the authors offer methods of learning can increase students' motivation, especially on the subject of Sociology. Increased motivation on the method of problem solving I cycle an average of 3.81 (good), an increase in cycle II to 4.37 (good), and the third cycle remains 4.37 (good). Increased motivation discussion method I cycle 4.25 (good), an increase in cycle II to 4.37 (good), and the third cycle was increased to 4.75 (very good). Increased motivation on the method of granting duty cycle of I 1 (not good), an increase in cycle II to 4.5 (good), and the third cycle also increased to 5 (excellent).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problem solving; Diskusi; Pemberian tugas; Motivasi belajar; Mata Pelajaran Sosiologi Problem Solving; Discussion; Giving The Task; Motivation to Learn; Subjects Sociology | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:37 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46815 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |