Hernowo, Trio (2012) Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Inkuiri guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi: Studi kasus kelas VIII.B SMPN 2 Nguling Kabupaten Pasuruan semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
08130065 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Aktivitas belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Ekonomi berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri pada mata pelajaran Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Nguling Kabupaten Pasuruan. Penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas VIII.B dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas VIII.B, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru bida ng studi dan kabag tata usaha. Desain dari penelitian ini adalah model spiral Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi dan metode wawancara. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Sebelum tindakan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sangat rendah yaitu sebesar 2,2, pada siklus I motivasi belajar siswa mengaiami peningkatan menjadi sedang yaitu sebesar 3,2, dan pada siklus II menjadi tinggi sebesar 3,4.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII.B di SMP Negeri 2 Nguling Kabupaten Pasuruan semester genap tahun ajaran 2011/2012.
ABSTRACT
Student learning activities are down on economic subject impact to student motivation lower. One of factor that influence is the teacher’s applied learning model to raise student learning motivation. The purpose of this study is to increase student motivation through implementation of inquiry-based contextual learning on the subjects of Economics.
The research was conducted in SMPN 2 Nguling, regency of Pasuruan. Determination of study subject uses population, namely at VIII.B class with number of students 40. Sources of primary data obtained from student of VIII.B class, while the secondary data obtained from field studies teacher and head of administration. The design of this study is the spiral model of Hopkins with four phases, namely planning, action, observation and reflection. To obtain the data in this study used observation and interview methods. Analysis of the data in this study used a qualitative descriptive analysis.
The results obtained in this study showed an increase in student motivation. Before action, student motivation to follow learning process is very low, at 2.2, on cycle I student motivation has increased to medium level that is equal to 3.2, and on the second cycle is higher at 3.4.
The conclusions obtained from the results of this research and discussion is an increase in student motivation on economic subjects in the classroom of VIII.B in SMPN 2 Nguling Pasuruan regency even semester academic year
2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan pembelajaran; Kontekstual; Inkuiri ; Motivasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:37 | ||||||
Last Modified: | 29 Mar 2023 13:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46809 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |