Sholichah, Mar'atus (2011) Studi Komparasi kemampuan Wirausaha: Analisis Komparatif kemampuan Wirausaha antara pria dan wanita pada usaha kecil makanan ringan di Pasar Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130087.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berwirausaha merupakan salah satu cara agar mampu menatap masa depan dengan lebih baik. Dengan berwirausaha, seseorang diharapkan mampu untuk mandiri dan menjadi bos bagi usahanya. Dunia usaha sendiri tidak hanya digeluti oleh kaum pria, namun telah banyak kaum wanita yang ikut serta dalam bidang ini, terutama di sektor usaha kecil. Baik pria maupun wanita memiliki karakter yang melekat pada dirinya berdasarkan jenis kelaminnya. Pria diidentikkan dengan maskulinitas, sedang wanita diidentikkan dengan feminimitas. Karakter tersebut dapat menyebar pula pada sikap maupun kemampuan mereka dalam berwirausaha. Wirausaha pria lebih mudah berwirausaha dibanding dengan wanita, karena kaum pria tidak dihalangi dengan peran yang ia sandang. Sedangkan wirausaha wanita memiliki peran ganda, yakni sebagai wirausaha dan ibu rumah tangga. Dengan demikian, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN WIRAUSAHA (Analisis Komparatif Kemampuan Wirausaha Antara Pria dan Wanita pada Usaha Kecil Makanan Ringan di Pasar Peterongan Jombang)”. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan wirausaha dari wirausaha pria dan wirausaha wanita pada usaha kecil makanan ringan di Pasar Peterongan Jombang.
Penelitian ini dilakukan di Pasar Peterongan Jombang, menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Non Eksperimen. Rancangan yang dipakai adalah Ekpose Fakto dengan bentuk Causal Comparative Studies. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data- data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik komparasi Uji Beda (t-test) T-test sampel bebas (Independent Sample Test). Namun sebelumnya data diuji normalitas, homogenitas, validitas, dan reliabilitas terlebih dahulu. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan uji-t menyimpulkan bahwa H diterima. Jadi tidak ada perbedaan kemampuan wirausaha antara pria dan wanita pada usaha kecil makanan ringan di Pasar Peterongan Jombang.
Adapun penyebab tidak adanya perbedaan kemampuan wirausaha tersebut adalah dikarenakan indikator yang digunakan oleh peneliti hanya mencakup empat indikator. Selain itu, pengalaman juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tidak adanya perbedaan kemampuan wirausaha antara pria dan wanita. Oleh karena itu disarankan bagi peneliti lain yang nantinya akan mengadakan penelitian serupa untuk menggunakan indikator kemampuan wirausaha yang lebih bervariatif agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
ABSTRACT
Entrepreneurship is one way to be able to face the future better. With entrepreneurship, a person should be able to be independent and be the boss for his efforts. The business world was not only hailed by men, but has a lot of women who participated in this field, particularly in the small business sector. Both men and women have the inherent character based on their gender. Men identified with masculinity, while women identified with femininity. Characters can also spread in attitude as well as their ability in entrepreneurship. Entrepreneurial self-employed men are more easily compared with women, because men are not hindered by the role he and clothing. Meanwhile, women entrepreneurs have a dual role, namely as entrepreneurs and housewives. Thus, the authors are interested to conduct research entitled " COMPARISON STUDY OF ABILITY ENTREPRENEURS (Comparative Analysis of Entrepreneurial Capabilities Between Men and Women in Small Business Market Peterongan Snack Foods in Jombang)". The purpose of this study was conducted to determine whether or not differences in entrepreneurial ability of entrepreneurial men and women entrepreneurs in small snack at the Market Peterongan Jombang.
Market research was conducted in Peterongan Jombang, using a
quantitative approach to the type of Non-Experimental study. The design used was Ekpose facto a form of Causal Comparative Studies. Techniques of data collection is done through observation, questionnaires, and documentation. The data obtained and analyzed using comparative techniques Difference Test (t-test) free samples T-test (Independent Sample Test). But before the data were tested for normality, homogeneity, validity, and reliability first. The results were analyzed using t-test concluded that acceptable. So there is no difference in ability between men and women entrepreneurs in small snack at the Market Peterongan Jombang.
The cause of the absence of differences in entrepreneurial ability is due to the indicators used by researchers include only four indicators. In addition, experience has also become one of the factors causing the lack of entrepreneurial ability differences between men and women. It is therefore recommended to other researchers who will conduct a similar study for the use of indicators that more varied entrepreneurial skills so that this thesis continues to evolve and does not stop here.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komparasi; Kemampuan Wirausaha; Pria; Wanita Comparison; Entrepreneurial Ability; Men; Women | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:40 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |