Zahid, Zahid (2012) Upaya pengurus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada anggota : Studi Kasus Koperasi Mahasiswa “Padang Bulan” Universitas Islam Negeri Mulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
08130060 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi adalah badan usaha yang mengorganisir pemanfaatan atau pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggotanya, atas dasar prinsip-prinsip koperasi dan kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat daerah kerja pada umumnya, dengan demikian koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat untuk perekonomian nasional. Maka perlu diperhatikan Sumber Daya Manusianya (SDM) yang memenuhi standar pelayanan yang baik. Sedangkan pengertian koperasi Sesuai dengan UU No: 25 tahun 1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
Rumusan masalah penelitian ini 1) Bagaimana upaya pengurus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada anggota Koperasi Mahasiswa “Padang Bulan”.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2) Apa faktor penghambat pengurus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada anggota Koperasi Mahasiswa “Padang Bulan” .Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dan solusi yang dilakukan oleh pengurus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada anggota nya. berdasar pada latar belakang dan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian adalah (1). untuk mendeskripsikan penjelasan tentang upaya pengurus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada anggota Koperasi Mahasiswa “Padang Bulan”.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (2) untuk mendeskripsikan faktor penghambat pengurus dalam meningkatkan kualitas layanan kepada anggota Koperasi Mahasiswa “Padang Bulan” .Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. dan solusi yang dilakukan oleh pengurus dalam meningkatkan kulitas layanan kepada anggota nya.
Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Hal itu disebabkan oleh adanya penerapan metode kualitatif. Selain itu, semua yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti, dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data bersumber dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian/display data kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Temuan penelitian mengungkapakan 1) Kurangnya Sadarnya Anggota Mengenai Tugas dan Kewajibannya. 2) Budaya Jam Karet (Molor). 3) Penyampayan Informasi yang Belum Maksimal. 4) Belum terciptanya hubungan yang harmonis antara pengurus dan anggota. Penelitian ini menghasilkan, pengurus memberikan pelayanan yang sesuai dengan ADART koperasi dan menampung segala kritik dan saran dari para pengawas beserta anggota koperasi, serta menampung minat dan bakat anggota koperasi kemudian dikonsepsikan keberbagai bidang yang ada untuk dijadikan sebagai pertimbangan agar memasukkan menjadi program kerjanya. Faktor penghambat pengurus dan Solusi yang dilakukan oleh pengurus Meliputi dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Penyebab internal dikarnakan adanya miss komunikasi antar pengurus dan anggota yang menyebabkan kurang baiknya hubungan keduanya sehingga disetiap kegiatan yang berpartisipasi sedikit. Faktor eksternal meliputi kurang sadarnya anggota terhadap hak dan kewajibanya sehingga setiap ada acara pengurus atau kegiatan-kegiatan koperasi angota tidak mau tau dan lebih mementingkan individunya masing-masing. Solusinya memperbaiki hubungan antar anggota dengan berkomunikasi yang lebih baik sehingga terjadi hubungan yang lebih baik.
ABSTRACT
cooperation is a business entity that organizes the utilization or utilization of economic resources of its members, on the basis of cooperative principles and rules of the economic effort to improve the lives of members in particular and society in general work area, thus the cooperative movement of the people's economy to the national economy. It is necessary to note the Human Resources (HR) that meet the standards of good service. While the notion of Cooperation accordance with Law No: 25 1992 is a business entity consisting of individuals or legal entities with the bases of cooperative activities based on the principles of cooperatives as well as a popular economic movement based on the principle of the family.
Formulation of research problems is 1) How do administrators in efforts to improve the quality of service to members of the Cooperative Student "Padang Bulan". State Islamic University Malang Maulana Malik Ibrahim. 2) What is the limiting factor in improving the quality of the management services to members of the Cooperation Student "Padang Bulan". State Islamic University Malang Maulana Malik Ibrahim. And the solution by the board in improving the quality of services to its members. based on the background and problem formulation above, the purpose of this study are (1). to describe an explanation of the management effort in improving the quality of service to members of the Cooperation Student "Padang Bulan". State Islamic University Malang Maulana Malik Ibrahim. (2) to describe the limiting factor in improving the quality of the management services to members of the Cooperative Student "Padang Bulan". State Islamic University Malang Maulana Malik Ibrahim. and the solution by the board in improve the quality of services to its members.
Approach and the type of research uses a descriptive study that collected data in the form of words, pictures, and not numbers. This was caused by the application of qualitative methods. In addition, all of which are collected are likely to be the key to what has been observed, thus, the research report will contain the data excerpts to illustrate the presentation of the report. Data derived from secondary data and primary data. Data collection technique used observation, interviews, and documentation. Analysis of data by reducing the data, presentation / display of data and drawing conclusions. Checking the validity of data is done by triangulation of sources.
The study's findings mengungkapakan 1) lack conscious about duty and obligation Members. 2) Culture Jam Rubber (Molor). 3) Maximum Penyampayan information yet. 4) Not to create a harmonious relationship between management and members. This research result, the board of providing services in accordance with ADART Cooperation and accommodating all criticisms and suggestions from members of the Cooperation and their supervisors, as well as accommodate the interests and talents of members of the Cooperation then conceptualized control every aspect of an existing field to be used as consideration for entering into its work program. Inhibiting factor management and solutions made by the board includes two factors: internal and external factors. Dikarnakan internal causes of miss communication between management and members that causes lack of good relations that participate in every activity a bit. External factors include less conscious of the rights and kewajibanya members so that each board there are events or activities of the cooperative members did not want to know and more concerned with each individual. The solution is to improve relations between members with a better communication resulting in better relationships.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Koperasi; Kualitas Layanan. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46798 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |