Ni’mah, Naimatun (2012) Model pembelajaran mata pelajaran IPS terpadudi SMP Negeri 8 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
08130059 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, karena pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia. Pendidikan dalam prakteknya berkaitan erat dengan belajar yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa.
Salah satu tugas pendidik atau guru adalah menciptakan suasana pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat. Suasana pembelajaran yang demikian akan berdampak positif dalam pencapaian prestasi belajar yang optimal. Oleh karena itu guru sebaiknya memiliki kemampuan dalam memilih metode dan media pembelajaran yang tepat.
Ketidaktepatan dalam penggunaan metode dan media akan menimbulkan kejenuhan bagi siswa dalam menerima materi yang disampaikan sehingga materi kurang dapat dipahami yang akan mengakibatkan siswa menjadi apatis. Berasal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “ Model Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu.”
Adapun permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah model pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran IPS Terpadu (2) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran IPS Terpadu (3) Bagaimanakah evaluasi pelaksanaan model pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran IPS Terpadu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu sudah berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat kekurangan kekurangan. Hasil penelitian yang didapat yaitu model pembelajaran terbukti mampu membuat siswa benar-benar belajar secara nyata, mereka tidak hanya dibekali materi saja, tetapi juga praktek dan keterampilan. Dan prestasi siswa lebih meningkat setelah menggunakan model pembelajaran yang bervariasi.
ABSTRACT
Education holds a very important role in improving the quality of human resources, because education is a conscious effort to cultivate potential of human resources. Education in practice closely related to the learning process, and the activity is a fundamental element in any organization of the type and level of education. This means the success or failure of educational achievement is highly dependent on the learning process experienced by students.
One of the tasks or teacher educators is to create a learning atmosphere that can motivate students to learn well and always passionate. Such a learning enviroment will positively impact the achievement of optimal learning. Therefore, teachers should have the ability to choose the methods and media will lead to saturation for students in receiving the material presented so that material can not be understood that would lead students to become apathetic. Derived from the mind, researchers in conducting research on “Model IPS Integrated Learning Lesson”.
The issues will be discussed in this study were: (1) How do teachers use the learning model that integrated social studies (2) How is the implementation of learning models that use Integrated social studies teacher (3) How is the evaluation of learning models that use the eyes of teachers integrated social studies.
In this study the authors used a qualitative approach to data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The data is used to analyze the qualitative descriptive methods, namely the description is based on the symptoms appear.
Based on the results of this analysis, it can be concluded that the application of social studies learning model is already well integrated, although there is still a lack of flaws. Results obtained are shown to create a learning model students actually learn in real time, they not only provided the material are, but also practice and skill. And improved student achievement over after using a variety of learning models.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; IPS Terpadu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46795 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |