Utami, Hanifatul Sari (2011) Pengaruh pemberian bantuan Dana BSM (Beasiswa Miskin) terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Terbuka Batukliang 2 Lombok Tengah NTB. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130078.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini, kondisi pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan karena banyak tersebar masyarakat miskin, terutama anak-anak yang tidak bisa melanjutkan sekolah kejenjang berikutnya seperti Sekolah menengah pertama. Kemudian penulis tertarik melakukan penelitian disalah satu daerah yang mana didaerah tersebut mayoritas adalah masyarakat menengah ke bawah, sedangkan pendidikan diderah tersebut sangat rendah peminatnya dikarenakan tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolah ke tingkat menengah pertama (SMP).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh antara variabel BSM yang terdiri dari unsur keluarga pra sejahtera, surat keterangan miskin, tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Terbuka Batukliang 2 secara parsial dan simultan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk antara dua variabel atau lebih yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui keluarga pra sejahtera, surat keterangan miskin, tingkat pendapatan orang tua dan prestasi belajar yang dipersepikan siswa. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel BSM (keluarga pra sejahtera, surat keterangan miskin dan tingkat pendapatan orang tua) terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan Fhitung = 5,898 > Ftabel = 4,54. Kemudian jika dilakukan analisis secara parsial, maka tidak terdapat pengaruh dari variabel keluarga pra sejahtera terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung = 0,538 < ttabel = 2,0452. Terdapat pengaruh dari variabel Surat keterangan miskin terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung = -2,098 < ttabel = 2,0452. Tidak terdapat pengaruh dari variabel tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung = 0,664 < ttabel = 2,0452.
ABSTRACT
Today, the state of education in Indonesia is very alarming because many scattered poor, especially children who can not attend school the next kejenjang like junior high school. Then the authors are interested in conducting research at one of the areas where the majority of the people in that region in the middle to lower, while education is very low diderah demand due to not having the cost to continue to junior secondary school (SMP).
The purpose of this study was to clarify the effect of BSM variables, which consist of pre-prosperous families, this letter, the income level of parents of class VII student achievement Batukliang Open Junior 2 is a partial and simultaneous.
The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlational research, ie research carried out for between two or more variables that aims to discover whether there is a relationship and if there is, how close a relationship as well as meaningful or not that relationship. The instrument used in this study is a questionnaire or a questionnaire used to determine pre-prosperous families, this letter, the level of parental income and student learning achievement dipersepikan. Instruments are also used is the document used to determine student achievement. Analysis used in this study were multiple linear regression analysis.
The results of multiple linear regression showed that there is a positive influence between variables BSM (pre-prosperous family, this letter and the income level of parents) on learning achievement as indicated by the Fhitung = 5.898> Ftabel = 4.54. Then, if the analysis is partial, then there is no effect of variable pre-prosperous family of learning achievements demonstrated by thitung = 0.538 <TTable = 2.0452. There are the influence of variable certificate poor on learning achievement as indicated by the thitung = 2.098 <TTable = 2.0452. There is no influence of the variable income level of parents of learning achievements demonstrated by thitung = 0.664 <TTable = 2.0452.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Beasiswa Miskin (BSM); Keluarga Pra Sejahtera; Surat Keterangan Miskin; Tingkat Pendapatan Orang Tua; SMP Terbuka dan Prestasi Belajar Scholarships Poor (BSM); Family Pre Prosperous; Certificate of Poor Rate Income Parents; Junior Open Learning and Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46773 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |