Syahadatina, Hasanatin (2011) Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130074.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor individual maupun sosial. Salah satu faktor individual yang sangat berperan dalam menentukan prestasi belajar siswaa adalah disiplin belajar.Dan beberapa factor sosial yang memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian prestasi belajar adalah factor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh
Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Di SMAN 1 Malang. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Malang untuk mengetahui besarnya pengaruh antara disiplin belajar dan lingkungan terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Malang.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester I Tahun Ajaran
2010/2011 SMA Negeri I Malang yaitu berjumlah 87siswa. Ada 3 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Disiplin Belajar, (2) Lingkungan Keluarga, dan(3) Prestasi Belajar. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.
Penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian penjelasan deskriptif korelasional. Sedangkan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi
linear berganda yakni uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial.
Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh antara Disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil analisis regresi nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,070 dan pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil regresi nilai koefisien beta terstandarisasi 0,114. Pengaruh simultan antara disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi
belajar siswa dengan hasil regresi berganda menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,067.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa, guru, kepala sekolah dan orang tua. Siswa diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan diri dalam belajar tanpa paksaan dari orang lain. Guru dapat menerapkan metode
mengajar yang bervariasi serta memberikan keteladanan dalam menciptakan disiplin belajar di sekolah. Kepala sekolah hendaknya menetapkan sanksi yang tegas terhadap pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Orang tua perlu memberikan perhatian kepada anak, memperbaiki cara mendidik anak dan menyediakan fasilitas belajar (ruang belajar) yang memadai.
ABSTRACT
Student achievement is influenced by various factors, both individual and social factors. One individual factor that plays an important role in determining student achievement is the discipline of learning. And some social factors which contributed greatly to the achievement of academic achievement are the family environment factors and the school environment.
This study aims to: (1) To determine the level of Iinfluence on Achievement Learning Discipline Learning Class XI student IPS Lesson In Economics In SMAN 1 Malang. (2) To determine the influence of Family Environment on Learning Achievement Class XI student IPS Lesson In Economics In SMAN 1 Malang to know the level of influence between the discipline of learning and learning environment on student achievement Class XI IPS Lesson In Economics In SMAN 1 Malang.
The population of this study is the first semester of class XI students in Academic Year 2010/2011 SMAN I Malang. That amounted to 87 students. There are 3 (three) variables examined in this study, namely: (1) Discipline of Learning, (2) Family Environment, and (3) Learning Achievement. Data collection tool used in this study is the questionnaire.
The study used this research is quantitative research. With the type of research explanations descriptive corelation. While the methodology used in this study is to test the validity, reliability test, multiple linear regression analysis of the F test to determine the effect simultaneously and t test to determine the effect partially.
From the results of data analysis known to have influence among disciplines studying towards student achievement with the results of regression analysis of standardized beta coefficient of 0.070 and the influence of family environment on student achievement with the results of standardized beta regression coefficient 0.114. Simultaneous influence of learning discipline and family environment on student achievement with the results of multiple regression analysis showed the value of Adjusted R Square of 0.067.
The result is expected to be useful for students, teachers, principals and parents. Students are expected to increase self-discipline to learn without coercion from others. Teachers can apply a variety of teaching methods and provide
exemplary in creating the discipline of learning in school. The school principal should set a tough sanction against breach of discipline committed by teachers and students. Parents need to give attention to children, improving how to educate children and provide learning facilities (classrooms) are adequate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Disiplin Belajar; Lingkungan Keluarga; Prestasi Belajar Discipline Learning; Family Environment; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46764 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |