Leutuan, Harun Al Rasyid (2011) Manajemen kelas dalam meningkatkan Efektivitas proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Negeri I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen Kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran,agar siswa ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Kelas di kelas X7 SMA Negeri 1 Malang, dalam hal ini adalah bersangkutan dengan Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan dalam Proses Belajar Mengajar IPS di kelas X7 SMA Negri 1 Malang, untuk mengetahui apakah dengan Manajemen Kelas dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar IPS di Kelas X7 SMA Negri 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti memilih siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Malang sebagai obyek. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam manajemen kelas di Kelas X7 SMA Negeri 1 Malang dikoordinir oleh kepala sekolah beserta para guru mata pelajaran IPS untuk menyusun program belajar mengajar dikelas. Semua program belajar mengajar tersebut kemudian dianalisi berdasarkan keadaan dan visi misi sekolah. Dari hasil pelaksanaan manajemen kelas di SMA Negeri 1 Malang tersebut menghasilakan output yang bermutu terlaksana dengan baik dan berhasil.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan dalam Manajemen kelas di Kelas X7 SMA Negri 1 Malang, dirancang oleh kepala sekolah, guru-guru IPS. Perencanaan ini mengenai analisis situasi dan penataan ruangan kelas, pengorganisasian kelas, dan mempersiapkan metode dan sumber belajar yang efektiv dan menunjang belajar . 2. Cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa. Di samping itu, guru juga harus memperhatikan unsur-unsur dalam efektifitas pembelajaran yang meliputi ; bahan belajar yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan siswa, suasana belajar yang kondusif dan komunikatif antara guru dengan siswa, dan memanfaatkan media yang ada di sekolah dengan sebaik-baiknya, dengan kata lain sumber belajar tidak melalui pembelajaran di dalam kelas saja tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas, seperti taman sekolah, musholla, laboratorium,dan sebagainya.
Dari hasil penelitian ini, saran-saran yang diharapkan penulis adalah : (1) Bagi seluruh warga SMA Negeri I Malang, baik Kepala Sekolah, para guru, dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin. (2) Bagi peneliti lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dan diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik dan lebih sempurna tentang Manajemen Kelas dalam meningkatkan efektifitas Proses Belajar Mengajar IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kelas; Efektivitas Proses Belajar Mengajar PIPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46763 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |