Fauziah, Nuril (2011) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kreativitas belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130071.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan emosional sebagai kemampuan dalam mengenali perasaan- perasaan diri sendiri dan orang lain, dalam memotivasi diri sendiri dan mengelola emosi diri sendiri dengan baik maupun dalam melakukan hubungan sosial. Keterampilan kecerdasan emosi bekerja secara sinergi dengan keterampilan kognitif; orang-orang yang berprestasi tinggi memiliki keduanya. Makin kompleks pekerjaan, makin penting kecerdasan emosi, apalagi bila karena kekurangan dalam kemampuan ini orang bisa terganggu dalam menggunakan keahlian tehnik dan keenceran otak yang mungkin dimilikinya. Kecerdasan emosional tersebut dilihat dari lima ranah, yaitu: kesadaran emosi, pengendalian emosi, motivasi diri, empati, dan hubungan sosial.
Kreativitas adalah salah satu kemampuan manusia untuk mengintegrasikan stimulus luar dengan memori yang telah dimiliki sebelumnya menjadi suatu bentuk baru. Dan kreativitas bukanlah hasil dadakan, tetapi merupakan hasil bersama dari fisik, berpikir logik, daya cipta/kreasi, imajinasi, dan motivasi yang terintegrasi menjadi ide baru. Kemudian ide baru tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk dunia pendidikan yang bervariasi menurut kemampuan masing-masing individu dalam memperoleh pengetahuan.
Ada banyak keuntungan bila seseorang memiliki kecerdasan emosional secara secara memadai. Pertama, kecerdasan emosional jelas mampu menjadi alat untuk pengendalian diri, sehingga seseorang tidak terjerumus ke dalam tindakan- tindakan bodoh, yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Kedua, kecerdasan emosional bisa dimplementasikan sebagai cara yang sangat baik untuk memasarkan atau membesarkan ide, konsep atau bahkan sebuah produk. Pada intinya bahwa kecerdasan emosional sangat berhubungan erat dengan kreativitas belajar siswa yang menjadikan siswa tersebut menjadi lebih aktif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan kreativitas belajar siswa siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen, serta pengaruh antar keduanya.
Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang digunakan untuk angket kecerdasan emosional dan kreativitas belajar adalah angket terstruktur dengan item positif.
Hasil dari penelitian ini adalah variabel kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal tersebut dapat diperoleh persamaan Y = 34.848+ 0,539X dengan t.hitung (5,482) ≥ t.tabel (1,997) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Jadi, Ho (ditolak) secara parsial X (Kecerdasan Emosional) berpengaruh signifikan terhadap Y (Kreativitas Belajar Siswa) serta diperoleh F.hitung (30,051) > Ftabel (3,988) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Jadi, Ho (ditolak) secara simultan X (Kecerdasan Emosional) berpengaruh signifikan terhadap Y (Kreativitas Belajar Siswa). Maka kesimpulannya secara parsial dan simultan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen.
ABSTRACT
Emotional intelligence as the ability to recognize feelings in oneself and others, for motivating ourselves and manage the emotions themselves properly and in social relationships. Emotional intelligence skills to work in synergy with cognitive skills, the people who have both high achievers. The more complex the job, the more important emotional intelligence, especially when due to deficiencies in this ability may be impaired people in using the technical expertise and keenceran brain that might have had. Emotional intelligence is viewed from five aspects, namely: emotional awareness, emotional control, self-motivation, empathy, and social relationships.
Creativity is one of man's ability to integrate external stimuli with memory that has been previously owned into a new form. And creativity is a product not impromptu, but it is a common result of physical, logical thinking, creativity / creativity, imagination, and motivation are integrated into a new idea. Then a new idea can be implemented in the form of education which varies according to the ability of each individual in acquiring knowledge.
There are many benefits when a person has emotional intelligence are adequate. First, emotional intelligence clearly capable of being a tool for self-control, so that someone does not fall into foolish actions, which harm himself or others. Second, emotional intelligence can be implemented as an excellent way to market or raise the idea, concept or even a product. In essence that emotional intelligence is very closely related to student creativity that makes the student become more active.
The purpose of this study was to determine the level of emotional intelligence and creativity of a Class VIII student learning in social studies subjects at junior Integrated Country 2 Turen, as well as the influence between the two.
This research is explanatory with quantitative approach. The sampling technique used was simple random sampling (simple random sampling). The instruments used for the questionnaire of emotional intelligence and creativity of learning is a structured questionnaire with a positive item.
The results of this research is the emotional intelligence variables
significantly affect students' learning creativity at the Integrated Social
Science subjects. This can be obtained by the equation Y = 34 848 + 0.539 X with t.arithmetic (5.482) ≥ t.table (1.997) and significantly value 0.000 <0.05. Thus, Ho (rejected) by partial X (Emotional Intelligence) significantly affects the Y (Student Creativity) and obtained F.arithmetic (30.051)> F.table (3.988) and significance value 0.000 <0.05. Thus, Ho (denied) simultaneously X (Emotional Intelligence) significantly affects the Y (Student Creativity). So the conclusion is partial and simultaneous emotional intelligence significantly influence students' creativity on the subjects of the eighth grade social studies at Junior High School Integrated 2 Turen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Kreativitas Belajar Emotional Intelligence; Creativity Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46762 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |