Munziyah, Siti (2011) Pengaruh Kreativitas Guru dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130070.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hasil belajar adalah hasil usaha atau aktivitas belajar yang dilakukan siswa. Hasil belajar berupa perubahan tingkah laku, baik dari sisi psikomotor, kognitif dan afektif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya faktor internal (dari dalam diri siswa) dan eksternal (dari luar siswa). Faktor internal adalah minat belajar. Minat belajar merupakan bentuk sikap ketertarikan pada suatu kegiatan, sehingga siswa merasa senang dan memberi perhatian pada mata pelajaran serta kemauan dalam belajar. Sedangkan factor eksternal adalah kreativitas guru dalam menyampaikan materi dan dalam proses belajar mengajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menjelaskan pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 turen (2) Menjelaskan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 turen. (3) Menjelaskan pengaruh kreativitas guru dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Turen.
Penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. dengan jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Sedangkan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear berganda yakni uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial. Dalam memperoleh data dilakukan dengan cara kuisioner yaitu merupakan daftar pertanyaan yang disusun untuk diajukan kepada responden untuk dijawab dan dokumentasi merupakan cara untuk mendapatkan data mengenai sejarah, struktur organisasi dan nilai raport.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan kreativitas guru dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sisw kelas VIII mata pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Turen. Hasil regresi linier berganda menunjukan besarnya pengaruh sebagai berikut; (1) Pengaruh variabel kreativitas guru terhadap hasil belajar menunjukkan adanya pengaruh signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya thitung (2,290) > ttabel (1,99). (2) Pengaruh variabel minat belajar terhadap hasil belajar menunjukkan adanya pengaruh signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai thitung (2,211) > ttabel (1,99). (3) Pengaruh variabel kreativitas guru dan minat belajar terhadap hasil belajar sebagai variabel terikat secara simultan menunjukkan adSanya pengaruh signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai Fhitung (4,147) > Ftabel (3,13).
ABSTRACT
Learning outcomes are the results of operations or activities of the student learning. Learning outcomes in the form of changes in behavior, both in terms of psychomotor, cognitive and afectif. There are several factors that affect learning outcomes among the internal factors (inner student) and external (from outside the student). The internal factor is the interest in learning. Interest in learning is a form of interest on the attitude of an activity, so students get excited and give attention to the subjects as well as a willingness to learn. While external factors are the creativity of teachers in presenting the material and in teaching and learning.
The purpose of this study were 1) Describe the magnitude of the influence of teachers' creativity to class VIII student learning outcomes in an integrated social studies subjects in SMP Negeri 2 Turen (2) Describe the amount of interest in studying the influence of class VIII student learning outcomes in an integrated social studies subjects at Junior High School 2 Turen. (3) Explaining the magnitude of the influence of teachers' creativity and interest in learning to class VIII student learning outcomes in an integrated social studies subjects in SMP Negeri 2 Turen.
The study used this research is quantitative research. with this type of research explanations (explanatory research). While the methodology used in this study is to test the validity, reliability test, multiple linear regression analysis of the F test to determine the effect of the simultaneous and the t test to determine the effect partially. In obtaining the data is done by way of questionnaires which is a list of questions prepared to ask the respondent to be answered and the documentation is a great way to get data on the history, organizational structure and value of report cards.
From the results of the study concluded that partially or simultaneously teachers' creativity and interest in learning affects the learning outcomes of subjects sisw class VIII IPS Integrated On SMP Negeri 2 Turen. Multiple linear regression results show the degree of influence as follows: (1) Effect of variable creativity of teachers to the learning outcomes indicate a significant effect shown by the large thitung (2.290)> TTable (1.99). (2) Effect of variable interest in learning to learning outcomes indicate a significant effect shown by the value thitung (2.211)> TTable (1.99). (3) Effect of variable teachers' creativity and interest in learning to learning outcomes as the dependent variable simultaneously indicate a significant effect shown by the value Fhitung (4.147)> Ftabel (3.13).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Minat Belajar dan Hasil Belajar Creativity Guru; Interest in Learning and Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46761 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |