Suyono, Suyono (2011) Upaya Dosen dalam meningkatkan prestasi Akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130068.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (960kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tugas utama dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran berupa penguasaan materi dan keterampilan teknis dalam proses belajar mengajar, membimbing dan membina mahasiswa, serta memberi nilai secara obyektif. Dalam bidang penelitian berupa menghasilkan karya penelitian, menerjemah/menyadur buku ilmiah, dan mengedit/menyunting karya ilmiah. Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat berupa memberi latihan/penyuluhan/penataran pada masyarakat, memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangunan, dan membuat/menulis karya pengabdian kepada masyarakat.
Tujuan dilaksankannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya dosen dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan prestasi mahasiswa pendidikan Jurusan IPS.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif dengan metode induktif. Metode induktif adalah alur pembahasan yang berangkat dari realita-realita yang bersifat khusus atau peristiwa-peristiwa yang konkret kemudian dari realita-realita yang konkret itu ditarik secara general yang bersifat umum.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesimpulan yaitu, (1) upaya dosen dalam pendidikan dan pengajaran untuk menigkatkan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS berupa pembuatan silabus dengan melalui kegiatan workshop yang melibatkan dosen, guru, dan stakeholder, strategi pembelajaran atau metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan dalam perkuliahan, evaluasi yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa, penilaian secara objektif dan melakukan pembimbingan terhadap mahasiswa sebagai pembantu dan mengarahakannya. Juga dapat dilihat dari pencapaian Indek Prestasi Akademik lulusan dengan nilai sangat memuaskan dan mahasiswa yang masih studi dengan mendapatkan nilai rata-rata baik. (2) upaya dosen dalam penelitian untuk menigkatkan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS berupa kegiatan penelitian, yang menghasilkan karya penelitian/mengedit karya ilmiah dan penelitian yang telah dilakukan oleh dosen, sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya. (3) upaya dosen dalam pengabdian kepada masyarakat untuk menigkatkan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS berupa pengabdian kepada masyarakat secara formal dan non formal yang sebagian sudah sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya.
ABSTRACT
The main task is to carry out the Tri Dharma lecturer College of education and teaching, research, and community service. In the field of education and teaching in the form of mastery of the material and technical skills in teaching and learning, guide and nurture students, as well as giving an objective value. In the field of research to produce works of research, to translate / adapt scientific books, and editing / editing scientific papers. In the field of community service in the form of giving training / extension / upgrading of the community, providing service to the community or other activities that support the implementation of common tasks of government and development, and create / write the work of community service.
Implementation purpose of this study was to describe faculty efforts in education and teaching, research, and community service to improve student achievement social sciences Education Programs. To achieve the above objectives, used a qualitative approach to the type of case study research. Data were collected by interview and documentation techniques. Furthermore, the data were analyzed using descriptive analysis with an inductive method. Inductive method is the flow of discussion departs from realities that are specific or concrete events and then from the concrete realities it is drawn in general of a general nature.
The results of this study indicate that conclusion, (1) efforts lecturer in education and teaching for improving student academic achievement of the Department of Education social studies syllabus creation through workshop activities involving faculty, teachers, and stakeholders, learning strategies or learning methods that have been adapted to material to be presented in lectures, evaluations that can help the problems faced by students, an objective assessment and coaching of students as helpers and directing. It can also be seen from the achievements of graduates with Academic Performance Index value is very satisfactory and students who still study with a good average value. (2) faculty in research efforts to boost the academic achievement of students of the Department of Education social studies research activities, which produce research work / editing scientific papers and research performed by lecturers, according to the field of science that occupied. (3) attempts a lecturer in community service activities for improving student academic achievement social sciences Education Department of dedication to the community in formal and no formal part is in conformity with the occupied science.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Dosen; Prestasi Akademik Mahasiswa Effort Lecturer; Student Academic Achievements | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:52 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46759 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |