Hidayat, Rahmad (2011) Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru IPS Terpadu di MTs Negeri Sreseh Sampang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130065.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepala madrasah, karena kepala madrasah mempunyai peranan yang sangat penting dalam segala hal untuk mewujudkan visi dan misi dari lembaga pendidikan yang dipegangnya. Kepala madrasah harus bertanggungjawab terhadap kelancaran dan keberhasilan semua urusan pengaturan dan pengelolaan madrasah secara formal kepada masyarakat yang telah menitipkan anak didiknya.
Kelangsungan hidup dan keberhasilan pendidikan pada saat ini, tidak hanya tergantung pada kepala madrasah akan tetapi juga tergantung pada kompetensi profesional guru dalam mengelola proses belajar siswa di kelas. Proses belajar mengajarkan berjalan dengan baik apabila guru memiliki sikap mengembangkan kemampuan dasar (kompetensi) yang dimilikinya.
Seorang guru dituntut untuk memberikan perhatian sebesar-besarnya bagi mutu pendidikan. Secara obyektif jumlah guru saat ini memang menjangkau. Namun, hal ini tidak dapat dipukul rata begitu saja karena ternyata jumlah guru yang memadai ini hanya sedikit yang mengajar sesuai dengan bidangnya. Karena pada umumnya guru mengajar tidak sesuai pada bidangnya.
Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala madrasah, guru IPS Terpadu, waka kurikulum, waka kesiswaan. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data. Penulis melakukan pengecekan dengan membandingkan data yang diperoleh dari informan yang berbeda, juga dengan metode penelitian yang berbeda. Disamping itu, peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan pengecekan anggota (memberchek) dan ketekunan pengamatan. Dengan demikian, dapat diperoleh data yang valid.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru IPS Terpadu, diantaranya: kepala madrasah berupaya dengan memotivasi guru untuk terus berkembang, mengikutkan guru dalam berbagai pelatihan, disiplin dan mengembangkan tenaga pendidik. Dalam meningkatkan kualitas guru ada faktor yang mendukung dan menghambat, salah satu faktor pendukungnya adalah memotivasi guru dan disiplin sedangkan faktor penghambatnya adalah dana, sarana prasarana, kurang adanya inovasi dan sebagian guru yang mengajar tidak pada bidangnya.
ABSTRACT
The school principal is one of the educational component of the most important role in improving the quality of education. The success of an educational institution depends on the principal, because the principal has a very important role in anything to realize the vision and mission of educational institutions are holding. The school principal should be responsible for the smooth running and success of all business and management schools formally to the public who had to place their students.
Survival and the success of education at this time, depends not only on the principal but also depends on the professional competence of teachers in managing student learning in the classroom. Teaching and learning process run well when teachers have the attitude to develop basic skills (competencies) has.
A teacher is required to give maximum attention to the quality of education. Objectively the number of current teachers are reaching out. However, this can not be beaten flat simply because there are a sufficient number of teachers who teach only slightly according to the field. Because teachers teach in general do not fit on the field.
The research method used is descriptive qualitative. While that is a source of data is the principal, teacher Integrated Social Sciences, curriculum waka, waka student affairs. In gathering the required data, the authors use the method of observation, interview and documentation. While the raw data obtained, analyzed and then done checking the validity of the data. The author is checked by comparing data obtained from different informants, also with different research methods. In addition, researchers also checked the validity of the data by checking member (memberchek) and persistence of observation. Thus, we can obtain valid data.
The results obtained from this study is the principal in enhancing the professional competence of teachers of Integrated Social Sciences, among others: the principal seeks to motivate teachers to continue to expand, to include teachers in a variety of training, discipline and develop educators. To improve the quality of teachers there are factors that support and inhibit, one of the supporting factors are motivating teachers and discipline while inhibiting factor is funding, infrastructure, lack of innovation and some teachers are not on the field.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; Profesional; Guru Principal; Professional; Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:52 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46757 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |