Fitriyah, Zumrotul (2008) Metode Jibril sebuah alternatif sistem pembelajaran baca tulis Al-Qur’An di Pesantren Ilmu Al-Qur’an Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya penyampaian tujuan. Karena metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses secara efisien dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan. Adapun yang dibahas disini adalah tentang metode Jibril dengan latarbelakang perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengikuti bacaan Al-Qur’an yang telah dibacakan oleh Malaikat Jibril.
Adapun permasalahan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja macam-macam metode pembelajaran Al-Qur’an, (2) Bagaimana penerapan Metode Jibril di Pesantren Ilmu Al-Qur’an, (3) Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penerapan Metode Jibril. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja macam-macam metode pembelajaran Al-Qur’an, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Jibril di Pesantren Ilmu Qur’an, untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari metode Jibril.
Dalam melakukan penelitian ini penulis meggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata/ gambaran-gambaran. Dan dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tehnik penerapan Metode Jibril di Pesantren Ilmu Al-Qur’an bermula dengan membaca satu ayat atau waqof, lalu ditirukan oleh semua orang yang mengaji. Guru membaca sau-dua kali lagi, yang masing-masing ditukan semua orang yang mengaji, dan begitu seterusnya sampai mereka dapat menirukan bacaan dengan pas. Metode Jibril memiliki kelebihan yaitu metode yang bersifat fleksibel, kondisional dan mudah diterapkan oleh guru sesuai dengan potensi yang ada, dapat diterapkan untuk semua kalangan, baik di tingkat kanak-kanak, pemuda, dewasa, maupun kalangan orang tua. Sedangkan kekurangannya yaitu jumlah guru yang sangat terbatas untuk jumlah siswa yang banyak.
Penelitian ini penulis harapkan dapat dijadikan sumbangan pemikiran terhadap suatu sistem pembelajaraan Al-Qur’an di TPQ-TPQ, Pondok Pesantren, maupun tempat-tempat diadakannya pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masduki, Masduki | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Jibril; Pembelajaran; Baca Tulis Al-Qur’an. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2016 16:02 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2016 16:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4674 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |