Maulidia, Rizka (2012) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa dalam mengikuti bimbingan belajar di Primagama Turen Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (fulltext)
08130052 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Setiap perusahaan dituntut untuk membuat konsumen merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, karena mengingat persaingan pasar saat ini semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan jasa yang terjadi maka perusahaan jasa harus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga dapat memberikan kepuasan pada konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan (berwujud, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) terhadap kepuasan siswa di Primagama Turen Kabupaten Malang secara parsial dan simultan.
Penelitian yang dilakukan penulis ini adalah termasuk jenis penelitian explanatory research (Penelitian penjelasan). Dalam perjalanan mengumpulkan data, teknik yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kuesioner. Populasi sebanyak 182 siswa dan sampel yang diambil adalah sebanyak 65. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak terlapis secara proporsional (proportionate stratified random sampling). Analisis data yang digunakan yakni uji validitas, uji reliabilitas, Analisis regresi berganda, Uji F (untuk mengetahui pengaruh secara simultan) dan Uji t (untuk mengetahui pengaruh secara parsial).
Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah Pengaruh uji t atau secara parsial bahwa Pengaruh variabel Berwujud (X1) terhadap Kepuasan Siswa (Y) memiliki nilai tHitung 0,195 < tTabel 1, 997 atau signifikansi t > 0,05 ;Pengaruh Keandalan (X2) terhadap Kepuasan Siswa (Y) memiliki nilai nilai tHitung 2, 207 > tTabel 1, 997 atau signifikansi t < 0,05 ;Pengaruh Daya tanggap (X3) terhadap Kepuasan Siswa (Y) memiliki nilai tHitung 1, 610 < tTabel 1, 997 atau signifikansi t > 0,05 ;Pengaruh Jaminan (X4) terhadap Kepuasan Siswa (Y) memiliki nilai tHitung 1, 707 < tTabel 1, 997 atau signifikansi t > 0,05 ;Pengaruh Empati (X5) terhadap Kepuasan Siswa (Y) memiliki nilai tHitung 0, 911 < tTabel 1, 997 atau signifikansi t > 0,05. Dengan uji F atau secara simultan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat memiliki nilai FHitung 9, 893 > FTabel 2,37 atau signifikansi F 0, 000 < 0,05. Dari hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada uji t atau secara parsial variabel keandalan berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa karena mempunyai nilai T hitung lebih besar dari T tabel (tHitung 2, 207 > tTabel 1,
997 atau signifikansi t < 0,05.) sedangkan keempat variabel lainnya tidak berpengaruh. Dan secara simultan atau uji F bahwa variabel bebas (berwujud, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) mempunyai pengaruh yang terhadap kepuasan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mansur, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:51 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46739 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |