Fahrodin, Fahmi Ali (2007) Pola Interaksi Guru Pendidikan Agama Islam dan anak didik dalam membentuk Pribadi Muslim di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
98110482.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (757kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini membawa dampak munculnya berbagai penyakit psikologis seperti kejenuhan, mudah stress, bahkan budaya bunuh diri. banyak remaja terjerumus pada penyalahgunaan narkotika, kriminalitas seperti pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, dan sebagainya. Selain itu, saat ini sangat sulit menemukan remaja yang sopan, rela menolong, dan sikap positif lainnya. Pada saat seperti inilah peranan pendidikan agama Islam sangat dibutuhkan untuk membentuk pribadi muslim. Pribadi muslim adalah sikap keseharian seorang muslim yang sesuai dengan tuntunan ajaran Agama Islam. Kepribadian muslim memiliki 10 ciri yaitu: (1) Aqidah yang bersih, (2) Ibadah yang benar, (3) akhlak yang kokoh, (4) kekuatan jasmani, (5) intelek dalam berfikir, (6) berjuang melawan hawa nafsu, (7) pandai menjaga waktu, (8) teratur dalam suatu urusan, (9) memiliki kemampuan untuk berusaha sediri (mandiri), dan (10) bermanfaat bagi orang lain.
Untuk membentuk pribadi muslim tersebut guru harus mampu memilihi pola interaksi dengan anak didik yang tepat. Pola interaksi yang tepat dan keteladanan pribadi muslim dari GPAI akan dapat memudahkan tugasguru dalam menanamkan pribadi muslim pada diri anak didik.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif , studi kasus di SMP Islam Jabung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Karakteristik anak didik di SMP Islam Jabung ditinjau dari kepribadian muslim; (2)Pola interaksi guru pendidikan agama Islam dan anak didik di SMP Islam Jabung dalam membentuk kepribadian muslim; (3)Kendala yang ditemui oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Jabung dalam membentuk kepribadian muslim anak didik; dan (4)Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam SMP Islam Jabung untuk mengatasi kendala pembentukan kepribadian Muslim anak didik.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Jabung malang sedangkan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 51 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. data yang diperolehada dua macam yaitu data deskriptif dari hasil wawancara, studi dokumentasi, dan observasi; sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner. Data deskriptif dianalisis secara deskriptif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan cara menentukan frekuensinya untuk dapat ditarik suatu kesimpulan berdasarkan gejala yang paling umum.
Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis data penelitian diperoleh hasil penelitian sebagai berikut.( 1)Berdasarkan ciri kepribadian muslim dapat disimpulkan bahwa karakteristik anak didik di SMP Islam Jabung sangat baik; (2) Ada tiga macam pola interaksi guru – anak didik yang digunakan GPAI di SMP Islam Jabung dalam membentuk kepribadian muslim yaitu pola interaksi satu arah, dua arah, dan multi arah; (3) Kendala yang ditemui oleh GPAI di SMP Islam Jabung dalam membentuk kepribadian muslim anak didik dapat dibedakan atas faktor internal sekolah dan faktor eksternalsekolah; dan (4) Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam SMP Islam Jabung untuk mengatasi kendala pembentukan kepribadian Muslim anak didik antara lain (a) Bekerja sama dengan pihak kesiswaan dan OSIS untuk lebih menggalakkan kegiatan Islami, (b) mewajibkan anak didik untuk menjalankan ibadah shalat dhuhur di sekolah, (c) guru dapat menanamkan kepribadian muslim antara lain dengan cara memberi contoh nyata kepada anak didik, (4) mengajak para siswa yang memiliki buku-buku tentang agama Islam untuk saling meminjamkan bukunya, dan (5) menanamkan kesadaran kepada anak didik bahwa kewajiban menjalankan perintah agama merupakan tanggung jawab pribadi, dan (6) menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Interaksi; Guru Pendidikan Agama Islam; Kepribadian Muslim | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:32 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46731 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |