Sudarmanto, Widi (2011) Pengaruh tata tertib Sistem Skoring terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130059.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
SMA Negeri 1 Malang mencoba melakukan perubahan pada paradigma lama yang mana dalam melatih kedisiplinan peserta didik dengan melakukan atau memberikan hukuman secara langsung dengan fisik yang dapat mempengaruhi psikis peserta didik sehingga dapat menghambat prestasi dan perkembangan siswa dalam belajar. Dalam hal ini SMA Negeri 1 Malang menerapkan sistem yang memberikan fleksibilitas kepada peserta didik namun kesan ketegasan tetap tercermin dalam penegakan disiplin siswa. Sistem yang digunakan membebankan siswa setelah beberapa poin mereka melakukan pelanggaran dengan diberikan peringatan agar siswa memiliki tanggung jawab dan sifat jera untuk melakukan pelanggaran lagi.
Berangkat dari permasalahan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini memusatkan pada menjawab pertanyaan apakah ada pengaruh positif signifikan antara Kewajiban Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Malang, apakah ada pengaruh positif signifikan antara Larangan Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Malang, apakah ada pengaruh positif signifikan antara Sanksi Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif inferensial, yang datanya memakai data primer yang dijaring dengan angket, yang mana alat analisis yang digunakan untuk menguji butir soal dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan korelasi product moment. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, sedangkan untuk membuktikan hipotesisnya menggunakan uji hipotesis Uji t atau pengujian hipotesis secara parsial atau sendiri-sendiri selain itu menggunakan Uji f atau pengujian hipotesis secara simultan atau bersama-sama.
Hasil penelitian ini untuk semua soal dinyatakan valid dan reliabel, dan untuk uji hipotesis secara parsial untuk variabel kewajiban (X1) ada pengaruh positif signifikan terhadap kedisiplinan belajar, sementara untuk variabel larangan (X2), dan sanksi (X3) tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kedisiplinan belajar. Namun secara simultan variabel kewajiban, larangan, sanksi memliki pengaruh positif signifikan terhadap kedisiplinan belajar.
ABSTRACT
SMA Negeri 1 Malang try to make changes to the old paradigm in which the discipline to train students to perform or deliver directly to the physical punishment that can affect the psyche of learners so as to impede the achievements and progress in learning. In this case the SMA Negeri 1 Malang implement systems that provide flexibility to the learners but the impression of decisiveness still reflected in the enforcement of student discipline. The system used to charge students after a couple of points with their offense is given a warning that the students have the responsibility and the nature of the deterrent to offenders.
Departing from the above problems then the problem formulation in this study focused on answering the question whether there is a significant positive effect between Liabilities Against Student Discipline SMA Negeri 1 Malang, is there a significant positive effect of the Prohibition Against Student Discipline SMA Negeri 1 Malang, is there a positive influence significantly between Student Disciplinary Sanctions Against SMA Negeri 1 Malang.
This study uses quantitative research method of inferential, for which data are captured using primary data by questionnaire, which analysis tools are used to test the grain problem in this study using validity and reliability with product moment correlation. Analysis of data using multiple linear regression, while to prove his hypothesis using t test or a test hypothesis testing of the hypothesis is partially or individually besides using Test f or testing hypotheses simultaneously or jointly.
The results of this study for all the questions otherwise valid and reliable, and partially to test hypotheses for the variable duty (X1) there is a significant positive influence on the discipline studied, while for the ban variables (X2), and sanctions (X3) has no significant positive effect on disciplinary learning. But simultaneously the variable duty, prohibition, sanctions have a significant positive influence on the discipline studied.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tata Tertib Sistem Skoring; Disiplin Belajar Scoring System Discipline; Discipline Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:51 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46730 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |