Ulfiyah, Mufarrikhatul (2011) Pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi Akademik Mata Pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Assa’adah Bungah Gresik tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Orang tua adalah orang yang pertama dan utama yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup dan pendidikan anaknya. Keluarga bertanggung jawab menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga (orang tua) yang keadaan ekonominya tinggi dan dukungan materi orang tua pun tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak sehingga anak yang meraih prestasi akademik tinggi, berbeda dengan orang tua yang keadaan ekonominya dan dukungan materi orang tua yang rendah, sehingga orang tua mengalami kesulitan untuk menunjang prestasi akademik yang tinggi. Akan tetapi dalam kenyataanya tidak dapat dipungkiri akibat kurangnya dukungan materi orang tua dan ekonomi keluarga yang lemah, justru keadaan yang begitu menjadi motivasi baginya untuk belajar lebih giat dan akhirnya sukses besar. Sebaliknya keluarga yang kaya raya, orang tua sering mempunyai kecenderungan untuk memanjakan anak. Anak hanya bersenang-senang dan berfoya-foya, akibatnya anak kurang dapat memusatkan perhatiannya kepada belajar. Hal tersebut juga dapat mengganggu belajar anak, sehingga prestasi akademiknya tidak memuaskan.
Dari paparan diatas, maka peneliti membahas tentang : Pertama, Bagaimana dukungan orang tua terhadap siswa kelas XI IPS SMA Assa’adah Bungah Gresik tahun ajaran 2010/2011; Kedua, Bagaimana prestasi akademik terhadap mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Assa’adah Bungah Gresik tahun ajaran 2010/2011; Ketiga, Bagaimana pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi akademik mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Assaa’adah Bungah Gresik tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa metode koesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Assa’adah Bungah Gresik kelas XI IPS sebanyak 131 siswa. Populasi tersebut diambil sampel atau perwakilan sebanyak 30% yaitu 39 sampel. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik regresi linier sederhana dan untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi akademik siswa, dari hasil analisis regresi nilai thitung sebesar 1,969 nilai signifikansinya 0,056. > 0,05. Berdasarkan hasil perbandingan di atas terlihat bahwa thitung < ttabel (1,969 < 2,02 ) dan nilai signifikansinya 0,056 > 0,05. Dan dari uji F ditunjukan dengan nilai Fhitung (3,878) < Ftabel (4,09) dengan harga signifikansi sebesar 0,056 > 0,05. kesimpulannya Fhitung (3,878) < Ftabel (4,09) pada tarif signifikansi 5%. Maka kesimpulanya tidak pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi akademik siswa, karena ada variabel lain yang juga dapat mempengaruhi prestasi akademik yang tidak peneliti lakukan. Maka dari itu, diharapkan orang tua siswa selalu mengawasi, mengarahkan dan memberi bimbingan anak dalam belajar.
ABSTRACT
Parents are first and foremost responsible for child survival and education. The family is responsible for providing funds for educational needs of children. Family (parents) that high economic circumstances and material support of parents was high would not be much difficulty in meeting the needs of school children so that children are reach high academic achievement, different from parents are their economic and material support of parents is low, so that parents find it difficult to support high academic achievement. However, in reality, not be denied due to lack of material support parents and families a weak economy, precisely such circumstances that motivated him to learn more enterprising and ultimately a huge success. Conversely wealthy families, parents often have a tendency to spoil the child. Children just have fun and go on the spree, resulting in a child less able to concentrate his attention to learning. It also can disrupt children's learning, so that academic achievement is not satisfactory.
From exposure to the above, the researcher discusses: First, How much support parents' class XI IPS SMA Assa'adah Bungah Gresik academic year
2010/2011; Second, How academic achievement of economic subjects high school IPS class XI Assa'adah Bungah Gresik academic year 2010/2011; Third, Is there any influence of parental support on academic achievement of economic subjects class XI IPS SMA Assaa'adah Bungah Gresik academic year 2010/2011. This study uses quantitative research methods and techniques of data collection and documentation methods koesioner. The population in this study were SMA Assa'adah Bungah Gresik IPS XI class was 131 students. Population or a
representative sample was taken by 30% at 39 samples. While the analysis of data used by researchers is simple and linear regression techniques to test how much influence the variables X to Y is used t test and F test.
Based on the results of analysis show that there is a significant positive influence of parental support towards students' academic achievement, the results of regression analysis tcount of 3.048 with significance value of 0.004. Based on the results of the comparison above shows that tcount > ttable (3.048> 2.02) and 0.004 significance value <0.05. And the F test indicated by the value Fcount 9.288 with significance value of 0.004. Fcount (9.288)> Ftable (4.09) and 0.004 significance value < 0.05 at 5% significance rate. So There is a significant positive effect between parental support on academic achievement of economic
subjects class XI IPS SMA Assa'adah Bungah Gresik academic year 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan Orang Tua; Prestasi Akademik Mata Pelajaran Ekonomi Parent Support; Academic Achievement Economics Lesson | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:50 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46727 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |